Tujuan Pemberian Jagung Pada Ayam Laga

Jagung tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja, akan tetapi jagung juga memberikan banyak manfaat untuk ayam laga.

Jagung merupakan salah satu tanaman yang mempunyai kendungan zat yang sangat baik untuk kesehatan dan menjadi bahan pangan sehari-hari untuk ayam laga. Kandungan zat yang terdapat pada jagung seperti serat, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium dan lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Pemberian pakan jagung untuk ayam laga harus dalam keadaan kering, tidak boleh dicampur dengan air. Jagung juga dapat ditumbuk atau dihaluskan serta dapat juga dicampur dengan pur atau dengan biji-bijian lainnya seperti beras, padi dan beras merah.

Jagung yang baik diberikan untuk ayam laga baiknya yang masih muda dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Ayam laga yang sehat biasanya sangat menyukai mengkonsumsi jagung.

Dan hal ini sudah cukup terbukti dari para pesabung ayam yang mengatakan bahwa ayam laga kesayangan mereka berhasil memenangi kejuaraan, salah satunya karena pemberian jagung yang rutin kepada ayam laganya.

Berikut di bawah ini adalah tujuan dari pemberian jagung pada ayam laga adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menjaga kesehatan mata ayam laga, kandungan vitamin yang terdapat pada biji jagung dapat membantu pembentukan pigmen kuning yang ada di dalam retina mata dan juga dapat mencegah penyakit katarak pada mata ayam laga.
  2. Kandungan serat pada jagung dapat menjaga berat badan ayam laga karena kandungan lemak yang sedikit dan dapat membuat ayam laga merasakan kenyang bertahan lebih lama. Serat yang baik pada jagung juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan pembuangan kotoran ayam laga.
  3. Salah satu khasiat paling penting dari pemberian jagung yaitu dapat memperkuat tulang ayam laga karena kandungan kalsium dan magnesium yang berfungsi menyehatkan tulang ayam laga tersebut.
  4. Meningkatkan berat badan ayam laga karena kandungan karbohidrat tinggi pada jagung dapat meningkatkan berat badan ayam tersebut secara maksimal.

Perlu diingat untuk mendapatkan hasil yang maksimal ayam laga juga perlu perawatan yang khusus dan dilatih secara rutin.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tujuan pemberian jagung pada ayam laga, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply