Tips Perawatan Agar Mengkilatkan Bulu Ayam Bangkok

Cara menumbuhkan bulu ayam bangkok lebih cepat pada masa mabung dan membuat bulu mengkilat

Tips Perawatan Agar Mengkilatkan Bulu Ayam Bangkok

Tips Perawatan Agar Mengkilatkan Bulu Ayam Bangkok

Sabung Ayam – Ayam yang mempunyai bulu yang indah pasti menjadi idaman setiap penggila ayam hias, terutama untuk ayam bangkok. Sangat mudah untuk melihat apakah ayam tersebut sering melakukan perawatan atau tidak, kita bisa lihat dari warna dan fisik bulu pada ayamnya. Apabila kusam dan banyak patah, maka si pemilik ayam sangat malas untuk merawatnya, sedangkan yang bulu ayam aduannya bersih dan mengkilat merupakan ayam aduan yang sehat dan perawatannya sangat baik.

Tips Perawatan Bulu Ayam Agar Mengkilat Setiap Hari

Para peternak ayam yang males dalam merawat bulu ayam tentu menjadi kerugian besar, selain penampilan kurang menarik, terkena penyakit dan kualitas bertarungnya juga bisa menurun. Kenapa begitu? Tentu iya, karena bulunya menjadi tidak tebal dan sering rontok, hal ini membuat ayam laga mudah kedinginan dan sakit saat menerima pukulan oleh lawan. Apabila bulu tebal, maka serangan lawan masih bisa ditahan oleh bulu tebalnya tersebut.

Dalam perawatan ini juga bisa meningkatkan harga jual ayam, semakin baik bulunya maka semakin tinggi harganya. Apalagi untuk ayam hias yang harus terjaga karena kebanyakan untuk dikonteskan. Pada pertemuan kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk perawatan bulu pada ayam bangkok agar mempunyai bulu yang indah dan mengkilat. Langsung saja perhatikan penjelasannya dibawah ini.

Mandikan Secara Rutin

Agar bulu ayam bangkok dapat mengkilat, anda perlu memandikannya setiap hari. Setelah sudah selesai memandikan ayam bangkok kesayangan anda, bisa langsung jemur dibawah terik matahari agar air yang ada pada bulunya bisa benar-benar kering. Shampo yang digunakan juga harus disesuaikan, jangan membuat kulit dan bulu menjadi rusak ataupun iritasi. Dengan rutin memandikannya, maka bulu ayam bangkok bisa mengkilat secara alami.

Berikan Minyak Ikan

Mungkin para pecinta sabung ayam semua sudah pada tau, bahwa minyak ikan dapat membantu proses pertumbuhan bulu, terutama bagi ayam yang sedang mabung. Khasiat minyak ikan sangat bermanfaat bagi bulunya, maka jangan lupa berikan minyak ikan dengan dosis seminggu sekali.

Berikan jagung Bagi Ayam Bangkok Mabung

Ayam bangkok yang mengalami mabung terkadang membuat peternak ayam kesulitan. Selain berikan minyak ikan, memberikan jagung juga merupakan pilihan yang tepat untuk membantu pertumbuhan bulunya, serta menjadi lebih kuat dan indah.

Baca juga : Khasiat Ampuh buah Pisang Untuk Ayam Aduan

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan diatas mengenai tips perawatan agar mengkilatkan bulu ayam bangkok. Semoga bisa dipraktekan untuk ayam aduan anda dirumah. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal, terima kasih dan selamat mencoba!

Leave a Reply