Tips Khusus Untuk Merawat Ayam Laga Yang Sedang Mabung

Belum banyak yang mengetahui bagaimana langkah-langkah perawatan khusus untuk ayam yang sendag mabung, masih banyak pesabung ayam yang belum tahu bagaimana cara yang harus dilakukan untuk mengahadapi ayam yang sedang dalam keadaan mabung, terutama bagi pesabung ayam yang masih pemula.

Ayam laga yang sedang dalam kondisi mabung merupakan siklus tahunan yang akan menimpa ayam laga mana pun, tidak hanya pada ayam, seluruh binatang unggas pasti akan mengalami masa mabung, mabung sendri adalah suatu petanda bahwa hewan tersebut sudah dewasa, dan masa waktu dari hewan yang sedang dalam masa mabung, tidak bisa diperkirakan sampai kapan berakhirnya masa mabungnya. Masa mabung juga bisa ditentukan dari cara sang pemilik ayam bagaimana cara merawatnya agar masa mabungnya cepat selesai.

Ayam laga yang sedang mabung pertama kali ketika ayam akan menginjak dewasa yang berkisaran memiliki umur antara 6 sampai 9 bulan, sebab di usia tersebut ayam laga sudah bisa dikatakan dewasa jika sudah mengalami masa mabungnya, untuk waktu masa mabung pada ayam laga berbeda-beda pada setiap jenis ayam, ayam bisa mabung dalam kurun waktu 3 sampai 6 bulan, itu semua tergantung dari Anda yang merawatnya. Seperti pembahasan di atas masa ayam mabung tidak bisa ditentukan, semua tergantung dari sang pemilik bagaimana merawatnya, intinya ayam yang sedang dalam masa mabung adalah waktunya untuk ayam tersebut beristirahat, untuk membuat perubahan pada dirinya menjadi dewasa.

Hampir semua yang biasa kita lakukan berbeda jika kita sedang menghadapi ayam yang sedang mabung, baik dari cara memberi makan, perawatan dan latihan semua menjadi berbeda dariapda biasanya, Anda ahrus menyesuaikan dengan kondisi ayam yang sangat rentan dan sensitif dalam masa mabungnya. Untuk merawat ayam laga yang yang sedang mabung memang lebih simpel dari pada ayam yang sedang sehat, karena semua aktifitas pada ayam kita hentikan dan yang perlu Anda perhatikan adalah asupan makanan untuk ayam kesayangan Anda saja.

Ayam yang sedang dalam masa mabung tidak perlu di umbar, hanya cukup di berikan latihan ringan saja seperti lari ringan agar otot ayam tidak kaku cukup untuk melesakan otot ayam yang sedang dalam masa mabung, ayam yang sedang mabung sangat sensitif terhadap apapun, ia akan merasa kesakitan apa bila kita salah memegang salah satu daerah tubuhnya, terutama bulu-bulu pada ayam yang sedang mabung.

Perhatikan kualitas makanan harian yang Anda berikan, jangan berikan pakan sembarangan pada ayam yang sedang dalam kondisi mabung, usahakan berikan jenis makanan yang lebih banyak mengandung protein dan mineral untuk ayam yang sedang mabung. Dan jangan lupa untuk selalu memberikan makanan tambahan seperti sawi, kangkung, dan tanaman sayur lainnya. Suplemen dan vitamin juga perlu diberikan sebanyak 3 atau 5 hari sekalai untuk membantu daya tahan tubuh ayam yang sedang rentan, apa lagi juga suhu malam yang sangat dingin.

Meskipun ayam Anda sudah selesai masa mabungnya, sebaiknya jangan Anda paksakan untuk berlatih terlalu keras karena ada kemungkinan ayam Anda bisa drop karena kaget dengan latihan yang sudah lama tidak ia jalani, ada baiknya untuk ayam yang baru saja usai masa mabungnya, Anda bisa lakukan latihan pada ayam Anda secara bertahap diawali dengan latihan berlari. Itulah cara merawat ayam laga yang sedang dalam masa mabung.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips khusus untuk merawat ayam laga yang sedang mabung, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply