Tiga Macam Perawatan Bagi Ayam Laga Yang Salah

Tiga Macam Perawatan Bagi Ayam Laga Yang Salah

Tiga Macam Perawatan Bagi Ayam Laga Yang Salah

 

Tiga Macam Perawatan Bagi Ayam Laga Yang Salah

 

Sabung Ayam – Setiap peternak ayam laga tentu saja akan mencintai seluruh ayam laga yang dimilikinya. Kalaupun tidak, sudah pasti ayam laga tersebut merupakan ayam yang tidak memiliki kualitas yang seperti diharapkan dari sang peternak.

Kecintaan dari para peternak terhadap ayam laga miliknya sering ditunjukkan melalui pemberian berbagai macam perawatan. Namun, faktanya tidak semua dari perawatan yang diberikan oleh sang peternak kepada ayam akan bisa memberikan efek yang positif bagi ayam. Malahan, efek buruk yang akan dihasilkan dari pemberian perawatan tersebut.

Apa saja sebenarnya perawatan-perawatan tersebut ? Mari kita jelaskan melalui penjabaran di bawah ini dengan lengkap!

1. Memandikan Bibit Ayam

Meskipun bagi kita mandi itu penting dan wajib dilakukan oleh anak kecil, namun hal ini akan sedikit berbeda bila kita berbicara mengenai bibit ayam laga. Karena ayam yang masih dalam proses bibit tidak membutuhkan yang namanya di mandikan. Yang mereka butuhkan adalah pakan bergizi dan perlindungan maksimal. Selain daripad itu, memandikan bibit ayam juga dapat membuatnya terserang penyakit dan membuat kekebalan bibit tersebut terhadap penyakit menjadi semakin berturun.

2. Menggunakan Air Hangat Saat Memandikannya

Memandikan ayam dengan menggunakan air hangat pada ayam laga kita ternyata memiliki dampak yang buruk bagi bulunya. Sehingga janganlah memandikan ayam anda dengan menggunakan air hangat bila tidak diperlukan. Lain ceritanya bila anda menggunakan air hangat untuk membersihkan tubuh ayam dari kotoran ataupun luka seusai ayam tersebut bertarung.

3. Waktu Berjemur Terlalu Lama

Setelah kita memandikan ayam laga, tentu saja kita akan membiarkan ayam kita berjemur selama beberapa saat. Sayangnya, ada beberapa peternak yang malahan membiarkan ayamnya berjemur hingga melampaui batas waktu yang wajar. Saat ayam berjemur terlalu lama, maka ayam tersebut akan dapat dengan mudah terserang penyakit yang berhubungan dengan musim yang sedang berlangsung. Sehingga akan lebih bijak bila kita dapat mengetahui waktu yang tepat bagii ayam untuk berjemur. Penjemuran untuk hasil optimal biasanya selama 3 hingga 4 jam saja.

Baca juga : Keunikan Dari Ayam Laga Yang Harus Anda Ketahui

 

Merawat ayam tidak dapat kita lakukan dengan sesuka hati anda. Ada baiknya anda juga boleh sesekali bertanya kepada beberapa rekan anda ataupun melalui forum ayam tertentu untuk mendapatkan informasi yang penting. Cara lainnya yang dapat anda lakukan lainnya adalah melihat video sabung ayam yang menyediakan perawatan bagi ayam laga.

 

Leave a Reply