Supaya Ayam Laga Tumbuh Dengan Besar Pastikan Awali Dengan 5 Tips Ini

ayam tumbuh besar

Sabung Ayam – Informasi dan tips yang akan kami sampaikan ini berasal dari peternak sabung ayam yang sudah berpengalaman selama 5 tahun dalam dunia sabung ayam, dengan menggunakan indukan ayam bangkok yang berasal dari keturunan pertama tentunya. Cara untuk merawat ayam laga tersebut tentu mencakup perawatan sejak anakan, dengan pemberian pakan vitamin dan kalsium serta bisa mengkondisikan supaya makanan tidak terbuang secara percuma.

Berikut di bawah ini adalah 5 tips untuk merawat ayam laga supaya bisa tumbuh dengan besar yang bisa bermanfaat untuk Anda, yaitu sebagai berikut:

  1. Indukannya setidaknya harus berukuran satu tingkat di bawah ukuran yang diinginkan. Misalnya seperti ukuran yang diinginkan adalah ukuran 8, maka indukannya harus berukuran 7, dan jika menginginkan ukuran 7 maka indukannya harus berukuran 6. Artinya anakan yang diinginkan nantinya pasti berukuran satu tingkat lebih besar dari indukanya.
  2. Anda harus memulai perawatannya semasa anak ayam tersebut masih kecil. Pada usia 0 – 3 minggu pertumbuhannya harus dimaksimalkan. Perawatan pada usia ini harus intensif supaya bisa tumbuh dengan besar dan tidak boleh sakit.
  3. Anda harus selalu memberikan pakan pur murni dan vitamin yang setidaknya sampai usia ayam tersebut mencapai usia 2 bulan atau bulunya yang ada di punggung dan lehernya mulai rontok dan bulu rawis penjantannya mulai tumbuh. Apabila Anda ingin hemat, setelah anak ayam tersebut sudah berusia 2 bulan, pemberian pakan pur bisa Anda campur dengan dedak katul dengan perbandingan 4 : 1 (basah).
  4. Anda harus mendukung pertumbuhan ayam Anda melalui pertumbuhan tulangnya. Perawatan ayam laga tidak hanya membesarkan daging yang ada di tubuh saja, karena badan yang besar oleh daging akan menyusut kembali pada saat memasuki masa latihan tarung. Untuk mendukung pertumbuhan tulangnya Anda bisa memberikannya bahan pakan yang mengandung kalsium yang tinggi atau langsung dengan pemberian calk (kalsium).
  5. Di yang terakhir ini Anda harus bisa mengatur keseimbangan antara meningkatkan nafsu makan, pemberian pakan yang bergizi, dan menjaga pakan yang tidak terbuang secara percuma. Nafsu makan pada ayam memang harus ditingkatkan terus menerus sampai tumbuh besar, caranya yaitu dengan memberikan vitamin penambah nafsu makan. Jika nafsu makan pada ayam tersebut sudah tinggi, maka Anda bisa memberikan pakan yang bergizi seperti pur atau pakan buatan sendiri yang mengandung protein yang tinggi.

Pakan yang diberikan kepada ayam tersebut harus dijaga supaya tidak terbuang secara percuma. Caranya yaitu dengan memotong dan membuang sebagian bulu pada ayam tersebut. Bulu pada ayam yang banyak dan lebat bisa menghisap makanan yang dimakan ayam tersebut, sehingga makanan untuk membantu pertumbuhan tubuh dan tulang menjadi berkurang. Ayam yang telah berusia 3 minggu, ujung sayapnya bisa Anda potong supaya tidak tumbuh terlalu panjang. Apabila ekornya sudah kelihatan panjang maka Anda juga memotongnya menjadi pendek. Ayam yang sudah berusia 2 bulan atau ketika bulu punggung dan lehernya rontok, maka bulu punggungnya harus Anda cabut semuanya, termasuk bulu yang ada di sebagian leher, paha dan bahunya. Pencabutan sebagian bulu pada ayam tersebut berfungsi untuk mempertebal kulit – kulit yang ada di bagian pencabutan supaya menjadi lebih tebal dan kebal.

Di dalam cara merawat ayam laga ini dengan pencabutan bulu didasarkan pada pengamatan ayam yang mabung pada usia 1,5 tahun. Banyak sekali ayam sudah melewati masa mabung ukuran tubuhnya menjadi lebih besar dan tulangnya menjadi lebih keras dan kuat. Yang berikutnya adalah dengan cara mengurangi gerakan pada ayam tersebut, karena semakin banyak ayam tersebut bergerak maka akan semakin banyak juga pakan yang dibakar untuk energi bergeraknya. Oleh karena itu, ayam yang masih kecil hingga muda yang berusia 5 – 6 bulan harus tetap di kandang. Cukup dilepaskan setiap hari dengan durasi setengah jam saja atau setiap beberapa hari sekali selama beberapa jam untuk mengurangi kekakuan kaki dan sayapnya.

Tambahan lain untuk merawat ayam laga adalah dengan memanfaatkan pakan yang bergizi dari pembuangan pabrik, seperti susu bubuk bekas, tepung ikang atau tepung udang. Susu bubuk yang bekas bisa Anda dapatkan dari penjual barang bekas dengan harga murah yaitu sekitar 5 ribu sampai 8 ribu per kilo. Susu bubuk adalah pakan yang paling bergizi dan salah satu susu bubuk yang paling baik adalah susu bayi. Susu bubuk lebih daripada tepung ikan, tepung udang, daging, daging ayam dan lain sejenisnya karena sangat mudah untuk diserap oleh pencernaan ayam. Berikan susu bubuk tersebut dengan mencampurkannya dengan pakan yang akan diberikan pada  ayam, terutama ayam yang masih kecil.

Sesungguhnya masih ada satu cara yang terakhir yang bisa Anda gunakan dan sudah terbukti ampuhnya. Yaitu dengan cara memberikan ramuan obat tradisional atau ramuan herbal dengan mencampurkannya dengan pakan atau dilolohkan secara rutin. Cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada ayam tersebut dari masih kecil sampai dewasa, menghindarkannya dari serangan penyakit umum sampai penyakit yang berbahaya, dan satu hal yang pasti adalah bisa menambah nafsu makan dan semangat dari ayam tersebut.

Baca Ini : Cara Memilih Indukan Ayam Bangkok Yang Berkualitas Juara

Demikian akhir dari informasi yang bisa kami sampaikan mengenai supaya ayam laga tumbuh dengan besar pastikan awali dengan 5 tips ini, semoga dengan informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda dengan memperluas wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply