Sekilas Info Mengenai Ayam Cemani Yang Asli

cemaniii

Sekilas Info Mengenai Ayam Cemani Yang Asli

Sabung Ayam – Ayam cemani merupakan seekor ayam hitam yang sangat langkah yang ada di negara Indonesia. Jenis ayam yang satu ini merupakan ayam yang melegenda hingga saat ini, sehingga hal ini membuat para penghobi sabung ayam ingin sekali untuk bisa memilikinya sebagai koleksinya saja. Akan tetapi, harga dari ayam cemani sangatlah mahal sekali sehingga hal ini juga membuat ayam cemani ini tergolong ke dalam beberapa jenis ayam yang termahal yang ada di Indonesia.

Sebelum kami menjelaskannya lebih jauh, maka hal pertama kali yang harus Anda ketahui adalah mengenai ciri – cirinya. Berikut di bawah ini adalah ciri – ciri dari ayam cemani ini diantaranya sebagai berikut:

  1. Bentuk paruh dari ayam cemani yang asli adalah yang berwana hitam. Warna hitam inilah yang akan sangat terlihat ketika ayam cemani ini masih kecil. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ujung paruh dari ayam cemani ini akan terlihat berwarna putih karena selalu mematuk makanannya. Biasanya warna putih ini hanya akan muncul di ujung paruhnya saja.
  2. Warna bulu dari ayam cemani yang asli adalah juga berwarna hitam. Apabila ayam cemani sebelum sudah dikawin silangkan dengan jenis ayam lainnya, maka bulunya tidak akan sepenuhnya berwarna hitam. Hal inilah yang bisa menjadi sebuah patokan kepada para penghobi sabung ayam tersebut ketika hendak ingin membeli ayam cemani yang asli.
  3. Warna kulit dari ayam cemani yang asli adalah yang berwarna hitam juga. Semua ayam cemani yang asli semuanya memiliki kulit yang berwarna hitam.
  4. Dubur dari ayam cemani yang asli tentu saja juga akan berwarna hitam lebat. Hal ini tentu akan sangat berbeda sekali dengana jenis ayam lainnya. Ayam cemani yang sudah dikawin silangkan juga akan memiliki dubur yang berbeda pula.
  5. Bagi Anda yang sudah terbiasa melihat ayam kampung ataupun ayam laga, mungkin akan sering melihat kaki ayam yang berwarna kuning maupun juga putih. Akan tetapi, khusus untuk ayam cemani yang asli tetap berwarna hitam kakinya. Tetapi hitam yang dimaksudkan di sini bukanlah warna hitam legam karena seperti yang telah diketahui bahwa kaki ayam pasti bersisik sehingga jika sedang kering maka akan sedikit berwarna keputihan.

Harga dari ayam cemani yang asli ini bisa mencapai hingga 40 juta rupiah. Karena ayam cemani yang asli ini diyakini bisa dijadikan sebagai obat apabila dikonsumsi oleh manusia. Sedangkan disisi yang lain adalah dengan memelihara ayam cemani yang asli ini juga bisa mendatangkan rezeki kepada orang yang telah merawatnya.

Menurut laporan yang berhasil diterima, mengatakan bahwa kabupaten yang paling banyak terdapat dan membudidayakan ayam cemani yang asli ini ada di Kabupaten Langkat yaitu sebanyak 56 ekor, dengan disusulnya Kabupaten Tapanuli Selatan sebanyak 47 ekor dan yang terakhir di Kota Medan sebanyak 32 ekor.

Baca Ini : Mengenal Keunggulan Yang Dimiliki Oleh Ayam Pelung

Demikian akhir dari informasi yang dapat kami berikan mengenai sekilas info mengenai ayam cemani yang asli, semoga dengan informasi yang dapat kami berikan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda dengan memperdalam wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply