Sabung Ayam Birma Di Myanmar

Ayam Birma atau Ayam Burma memiliki nama lain yakni Ayam Pakhoy / pakhoe / packoi / pama khoy, merupakan salah satu generasi ayam aduan modern. Menurut informasi ayam Pakhoy adalah ayam asli dari tanah Malaysia yang di assembled dan di improvisasi dengan perpaduan 4 darah, nama ini diambil dari istilah di negeri Siam yang dalam arti sebagai penumpas setan atau pembunuh setan, setan yang dimaksud disini sebutan untuk jenis ayam Burma/ Myanmar. Karena untuk ukuran kelas di bawah 3kg Burma dikalangan di Bangkok hamir tidak terkalahkan, maka ayam birma di juluki Hoy = setan.

Karakter yang paling mudah untuk menentukan jenis sabung ayam satu ini adalah pada gaya permainannya yang cepat (menyesuaikan karena ayam birma rata-rata cepat) dan dominan mematuk punggung lawan dan memukul keras kearah badan dan sayap (ayam birma mempunyai tulangan tipis tidak tahan menerima pukulan kebadan), yang terkadang biasa disebut ayam cagkul. Teknik permainannya seperti ayam Bangkok ada peluk, nyayap, kilas, nyorok kebawah bongkar dan pukulan keras ke sembarang badan. Pada awalnya generasi ayam pakhoy sengaja diciptakan tentunya dari beberapa kelemahan yang ada pada Burma/ Pama, namun sekarang ini sudah banyak jenis generasi yang berasal dari basic dasar ayam pakhoy ini seperti MAKHOY 9pama-pakhoy), PATHAI (pakhoy-bangkok thai), Pagonthai (pakhoy-saigon thai) dan lainnya.

Bermacam-macam ayam aduan dengan jenis ayam Burma ini, dengan tujuan hasil anakannya akan mencetak ayam aduan yang unggul. Berbagai macam ayam laga yang dihasilkan dari ternakan silangan ini juga banyak dikenal, antara lain ayam dari Negara Vietnam atau Saigon dengan Burma disebut juga magon. Ayam Burma mempunyai teknik yang bagus tapi tulangan tipis, sedangkan Saigon mempunyai tulangan yang besar serta pukulannya yang bagus, tapi Saigon tidak mempunyai teknik tarung yang bagus, dengan hasil silangan tersebut akan mendapatkan turunan yang bagus tentunya, dengan gaya tarung yang komplit, ayam Burma menjadi salah satu bahan untuk persilangan ayam-ayam import, termasuk juga Bangkok dengan Burma.

Ciri-Ciri Ayam Birma Burma Original Asli Asal Myanmar :

  • Ayam relative kecil kira-kira ukuran 5,5 inci dan berat badanya kurang lebih dibawah 3kg.
  • Postur tubuhnya mirip dengan ayam kampong yang ada di Negara kita.
  • Tulangan ini relative kecil/ tipis.
  • Warnanya pun menjauhi warna ayam asli Thailand.
  • Ayam tersebut memiliki gaya tarung yang sangat unik yaitu nimpuk atau nampar, pranggal, gerakan yang cepat serta agresif, cara menghidarnya pun ayam ini cukup unik ada yang mundur sambil memukul.
  • Tingkat keakurasian pukulan menjurus pda bagian yang vital.

Mungkin itu saja cirri ayam burma umum yang sedikit admin bagikan dari ayam Burma, semoga dapat dijadikan manfaat dan pengetahuan dalam dunia sabung ayam.

Leave a Reply