Permainan Sabung Ayam Filipina Yang Luar Biasa

 

Permainan tarung Sabung Ayam Khas dari Filipina. Bagi para pecinta sebuah acara dimana dua ayam dipertarungkan dalam sebuah arena atau lebih dikenal dengan sabung ayam. Sabung ayam dapat diklasifikasikan sebagai suatu olah raga meskipun kegiatan ini tidak benar-benar berhubungan langsung dengan prestasi olah raga oleh manusia. Karena itulah arena sabung ayam sering juga dianggap sebagai sebuah olah raga di negeri tersebut. Bahasa Tagalog untuk menyatakan gelanggang sabung ayam adalah sabong ayam.

Karena disana sangat sedikit sekali bentuk kompetisi untuk hiburan lainnya, maka sabung ayam menjadi sangat terkenal di berbagai provinsi yang ada di negara filipina. Disini, sabung ayam yang diselenggarakan dengan mengadu ayam laga lokal manapun. Bisa dikatakan hampir semua kota atau desa besar yang ada dinegara ini dapat dipastikan menyediakan sebuah arena sabung ayam, biasanya ada yang berlokasikan di luar kota atau desa-desa.

Sabung Ayam ini sudah seringkali berlangsung bahkan tidak sampai semenit. Mengadu ayam yang diperlengkapi dengan pisau baja yang sangat tajam dan terikat pada ujung kakinya. Sifat ayam petarung memang dikenal memiliki tingkat agresif yang sangat tinggi, terutama saat bertanding melawan lawannya. Ayam petarung akan selalu berusaha untuk saling melompat keatas dan saling menendang satu dengan yang lainnya. Dalam teori pertandingan, ayam jantan yang mampu bertahan, dialah sebagai pemenangnya. Tetapi seringkali pertarungan tersebut berakibt fatal bagi kedua belah pihak. Dalam hal ini, ayam jantan yang melakukan serangan paling akhir dinyatakan sebagai pemenangnya dan dapat menjatuhkan lawannya, faktor stamina dan mental juga berpengaruh pada hasil akhrinya. Penilaian sabung ayam akan dilakukan oleh seorang wasit yang sangat berpengalaman dalam dunia sabung ayam itu sendiri.

Ketika pertarungan antar daerah diselenggarakan, pihak panitia akan menyediakan hadiah yang besar berupa uang yang diberikan kepada pemilik ayam laga yang telah terbukti berhasil memenangkan pertandingan sabung ayam tersebut, hadiah tersebut berasal dari penonton yang menyaksikan acara pertarungan sabung ayam tersebut. Hadiah uang yang diberikan oleh panitia berkisar 500,000- peso hingga 1,000,000- peso. Hadiah besar tersebut tidak perlu diherankan, karena didukung oleh banyaknya para penonton yang menghadiri acara tersebut, juga biasanya biaya masuk dikenakan biaya 5,000- peso hingga 10,000- peso per penonton.

Kesaksian seorang pecinta sekaligus penghobi pertunjukkan sabung ayam bahkan mengatakan “Seorang penonton pertunjukan di Hacienda Luisita pada tanggal 4 Juli yang lalu telah dikejutkan dalam taruhan sabung ayam besar yang dibuat : dari 30,000- peso hingga 200,000- peso per dua ayam yang bertanding. Yang menarik adalah diantara para petaruh berat terdapat anggota Kongres dari Luzon dan Mindanao, begitu pula pegawai kantor pemerintahan lokal, seperti walikota Metro Manila yang terkenal dengan sabung ayamnya di seluruh negeri.

Meskipun tujuan utama dari sabung ayam ini sendiri sebagai sebuah daya tarik wisata, sama dengan adu banteng di Spanyol, warga asing sangat jarang terlihat berada pada arena sabung ayam yang ada. Pertama, mereka kesulitan untuk mengikuti apa yang terjadi selama pertandingan berlangsung, dan yang kedua adalah alasan mereka menilai bahwa sabung ayam sebagai penganiayaan terhadap binatang, karena pertandingannya sering berujung pada kematian para ayamnya.

Namun, sekarang ini setelah tingginya tingkat teknologi yang ada, semua orang yang ada didunia ini tidak perlu lagi harus pergi ke arena sabung ayam secara langsung. Karena sekarang ini sudah banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas untuk menonton pertandingan yang dihelat hanya dengan menggunakan bantuan smartphone dan dilihat secara langsung.

Leave a Reply