Pemberian Jenis Pakan Sesuai Dengan Gaya Bertarung Dari Ayam Laga

Memilih jenis pakan untuk ayam laga sebaiknya harus disesuaikan dengan gaya dan juga teknik bertarung pada ayam laga tersebut. Jika ayam laga Anda memiliki gaya dan juga teknik bertarung yang cenderung selalu menyerang dengan menggunakan tajinya, maka pakan yang sesuai dengan ayam laga tersebut adalah pemberian gabah yang dicampurkan dengan beras merah. Selain itu, pemberian pakan juga sangat berpengaruh pada kualitas ayam laga itu sendiri. Dalam pemberian pakan untuk ayam laga ini juga tidak boleh sembarangan, haruslah disesuaikan dengan usia, teknik, dan gaya tarung pada ayam laga itu sendiri.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis pakan yang harus sesuai dengan gaya dan teknik bertarung pada ayam laga, yaitu:

  • Jagung

Jagung ini sangat bagus dan sangat cocok untuk diberikan sebagai makanan utama pada ayam laga yang memiliki gaya dan teknik bertarung dengan tipe pukul. Jagung ini diketahui sangat banyak mengandung karbohidrat juga selain gabah. Jagung ini juga mengandung banyak kalsium (Ca) yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada ayam laga tersebut.

Jika ada ayam laga yang pertumbuhan tajinya cukup kurang sempurna ataupun lambat, berikan saja jagung untuk membantu mempercepat pertumbuhan tajinya. Karbohidrat pada ayam laga ini berfungsi sebagai sumber tenaga utama, jika tenaganya kuat pastilah dapat menghasilkan sebuah pukulan yang sangat keras dan mematikan.

  • Gabah

Gabah ini banyak mengandung karbohidrat. Pemberian gabah juga sangat bagus untuk ayam laga yang memiliki teknik bertarung dengan tipe pukul atau tipe taji. Keunggulan dari ayam laga yang mengkonsumsi gabah ini adalah pada saat bertarung ayam laga tersebut dapat bergerak dengan sangat lincah dan gesit serta juga mempunyai tubuh yang sangat ringan serta mampu untuk memukul lawannya sambil melompat.

Pemberian gabah ini juga sangat baik untuk menjaga pertumbuhan pada bulu dan juga mencegah kerontokkan bulu pada ayam laga tersebut karena gabah ini banyak mengandung vitamin dan kalsium yang sangat tinggi. Cara pemberian gabah adalah dengan merendam terlebih dahulu selama 1 malam sebelum diberikan kepada ayam laga.

  • Beras Merah/Ketan

Beras merah atau ketan ini sangat cocok jika diberikan pada ayam laga yang memiliki teknik bertarung dengan tipe pukul taji. Yang pada umumnya pakan ini diberikan pada ayam laga yang telah dewasa. Dengan beberapa kandungan protein dan juga sedikit lemak, pakan ini dapat membuat tubuh ayam laga menjadi lebih ideal, serta membuat tubuh pada ayam laga menjadi lebih padat, keras, dan juga berisi. Hal ini tentu akan membuat suatu pukulan pada ayam laga menjadi sangat keras dan juga mematikan untuk lawannya.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pemberian jenis pakan sesuai dengan gaya bertarung dari ayam laga, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda serta sekaligus menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply