Pakan Alternatif Yang Harus Diberikan Kepada Ayam Laga

Selain fisik, stamina dan juga kekuatan ayam laga pakan juga merupakan hal utama yang harus diperhatikan.

Ayam termasuk dalam jenis unggas yang tidak bisa diberi pakan 1 macam saja. Oleh karena itu kita sebagai pemilik harus pintar dalam memberikan asupan nutrisi dan juga komposisi makanan yang tidak membuat bosan ayam kita. Salah satu yang dapat kita berikan kepada ayam kita adalah pakan alternatif.

Pakan ayam yang diberikan kepada ayam sebaiknya bergizi dan juga memiliki kualitas yang baik. Jadi ada baiknya kita sebagai pemilik memberikan pakan alternatif untuk ayam kita. Perlu ditekankan pakan alternatif bukanlah pakan utama untuk ayam laga kita. Tetapi, kita juga tetap harus memberikan pakan utama tersebut kemudian kita juga bisa mengkombinasikan dengan pakan alternatif ini.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas memberikan pakan alternatif untuk ayam laga milik kita. Banyak sekali jenis – jenis pakan alternatif yang dapat kita temukan sehari-hari untuk diberikan kepada ayam kita. Harganya yang juga cenderung  murah membuat siapa saja dapat memperolehnya.  Yang pertama kali dibutuhkan adalah wadah khusus untuk menyimpan pakan ayam alternatif ini.

Berikut di bawah ini adalah beberapa pakan alternatif yang dapat diberikan kepada ayam laga kesayangan Anda, yakni sebagai berikut:

  1. Keong Mas

Selain diketahui memiliki protein yang tinggi keong mas juga sangatlah murah. Pertumbuhannya yang cepat tidak menganggu siklus makanan di sekitar sawah. Pertama kita bisa merebus keong lalu kemudian ambil dagingnya. Setelah itu bisa kita potong kecil – kecil atau juga digiling menjadi tepung tergantung bagaimana pilihan kita untuk diberikan kepada ayam laga kita.

  1. Singkong

Singkong sendiri sudah kaya akan serat dan juga berbagai vitamin di dalamnya. Sudah dapat dipastikan bukan hanya ayam saja yang akan sehat dan juga dapat membuat ayam kita tangguh dalam bertarung? Tapi dalam pemberian pakan ini ke ayam harus dibatasi juga janganlah terlalu banyak. karena tekstur singkong yang agak keras ditakutkan akan membuat ayam kita susah untuk menelan pakan yang satu ini.

  1. Cacing Tanah

Cacing tanah adalah jenis pakan yang paling mudah diserap oleh ayam laga. Pemberian pakan cacing tanah ini bisa diberikan 2 kali dalam seminggu. Untuk pemberian sekali makan cukup diberikan 2 – 3 ekor cacing seukuran pensil tulis saja.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pakan alternatif yang harus diberikan kepada ayam laga, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply