Merawat Ayam Laga Yang Usai Bertarung

Merawat Ayam Laga Yang Usai Bertarung

Merawat Ayam Laga Yang Usai Bertarung

Sabung Ayam – Di dalam setiap pertarungan yang dilakoni oleh ayam tersebut pasti mengalami banyak luka dan ada juga yang sedikit, baik itu luka luar maupun luka dalam yang sulit untuk diketahui dan diobati. Di dalam perawatan luka ini dibutuhkan penanganan yang teliti dan harus fokus. Hal ini harus Anda lakukan karena supaya bisa dengan cepat menyembuhkan ayam tersebut dan bisa segera dilatih dan ditarungkan kembali.

Berikut di bawah ini adalah berbagai macam cara merawat ayam laga yang usai bertarung, yaitu sebagai berikut:

  1. Merawat Luka Luar

Yang pertama adalah Anda harus membersihkan terlebih dahulu luka luar tersebut dengan menggunakan antiseptik seperti revanol atau yodium, obat merah dan betadine. Atau Anda juga bisa membersihkannya dengan menggunakan minyak tanah atau bensin. Anda juga bisa menggunakan abothil atau medisio yang saat ini sudah bisa Anda temukan dengan mudah melalui toko penjual pakan ayam. Apabila ayam tersebut mengalami pendarahan yang tidak berhenti, maka Anda bisa menempelkan bubuk kopi pada bagian luka tersebut. Apabila ayam tersebut mengalami luka sobek maka Anda harus menjahitnya.

Setelah Anda menjahitnya, maka seluruh permukaan jahitannya harus Anda olesi dengan menggunakan antibiotik alami atau antibiotik pabrikan. Hal ini harus Anda lakukan supaya bisa mencegah terjadinya infeksi dan juga mempercepat proses penyembuhan luka tersebut. Antibiotik pabrikan yang bisa Anda berikan padanya adalah antibiotik seperti oxytetracycline atau gentamicine.

Sedangkan antibiotik yang alami bisa Anda berikan menggunakan kunyit. Dengan memparutnya maka Anda sudah bisa mengolesinya ke seluruh bagian tubuh ayam tersebut. Kunyit ini Anda berikan sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

 

Merawat Ayam Laga Yang Usai Bertarung

 

 

  1. Merawat Luka Dalam

Untuk menyembuhkan luka bagian dalam dari ayam laga tersebut bisa Anda berikan 1 tablet amoxicilin. Hal ini harus Anda berikan supaya bisa menyembuhkan luka bagian dalam ayam tersebut dan mempercepat proses penyembuhannya.

  1. Merawat Paruh

Apabila ayam tersebut mengalami paruh yang goyang atau lepas maka bisa Anda rapikan kembali dengan menggunakan benang yang akan diikatkan pada bagian paruhnya. Sebelum itu, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu dan mengolesinya dengan menggunakan kunyit atau salep.

  1. Merawat Mata

Bila mata dari ayam tersebut terkena taji dari lawannya, maka Anda harus segera memberikan cairan dari cabe merah. Air dari cabe merah ini sangatlah pedas dan perih, akan tetapi berguna sekali dalam menyembuhkan mata yang terluka.

  1. Merawat Otot Dan Kaki

Ayam yang usai bertarung itu haruslah dilemaskan otot – ototnya, baik itu otot leher, sayap hingga otot paha dan kaki. Akan tetapi, bagian kakinya ini harus Anda utamakan, karena apabila tidak Anda lemaskan takutnya keesokan harinya ayam tersebut akan berjalan dengan kaku dan bisa terkena penyakit turun urat. Di sini Anda bisa mengoleskan parutan dari jahe pada bagian paha dan kakinya supaya bisa melancarkan peredaran darahnya kembali. Tetapi ada satu hal yang harus Anda ingat yaitu Anda tidak boleh mengurutnya.

Baca Ini : Sekilas Manfaat Tomat Untuk Ayam Laga

Inilah beberapa cara dalam merawat ayam laga yang baru usai bertarung yang bisa Anda pelajari dan praktekkan kepada ayam yang mengalami kendala – kendala ini. Semoga dengan informasi ini bisa menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply