Mengenal Keunggulan Yang Dimiliki Oleh Ayam Pelung

ayam pelung2

Mengenal Keunggulan Yang Dimiliki Oleh Ayam Pelung

Sabung Ayam – Bagi Anda yang merupakan seorang penghobi sabung ayam yang berasal dari Pulau Jawa pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ayam pelung ini. Ayam pelung merupakan jenis ayam yang asli berasal dari negara Indonesia, tepatnya di Pulau Jawa. Sekarang jenis ayam yang satu ini paling banyak diincar oleh para kalangan penghobi sabung ayam yang ada di Pulau Jawa, hal ini bisa terjadi karena ayam pelung ini memiliki sebuah potensi untuk menjadi seekor ayam pedaging dan petelur sejati.

Jenis ayam yang satu ini juga banyak dikonteskan di daerah Pulau Jawa, untuk daerah lain yang ada di Indonesia, sesungguhnya ada juga, akan tetapi populasi dari peternak ayam pelung ini lebih banyak di daerah Pulau Jawa. Untuk mengikutsertakan ayam pelung ini ke dalam kontes, tim juri biasa hanya bisa menilai dari keunikan suara yang dimilikinya, keunikan, kemerduan, perawatan serta warna dari ayam pelung tersebut.

Berikut di bawah ini akan ulas sedikit informasi mengenai mengenal keunggulan yang dimiliki ayam pelung, yakni sebagai berikut:

  • Ayam pelung mempunyai berat badan yang lebih berat jika dbandingkan dengan ayam laga jenis lainnya. Untuk berat badan jantan dewasanya bisa mencapai sekitar 5 – 6 kg, sedangkan untuk betina dewasanya bisa mencapai sekitar 3 – 3.5 kg.
  • Proses pertumbuhan dari ayam pelung ini bisa dibilang cukup cepat dari masih kecil hingga mencapai usia dewasa jika dibandingkan dengan ayam laga jenis lainnya.
  • Jumlah telur yang bisa diproduksi oleh betina dewasanya ini juga cukup banyak yaitu sekitar 70 butir telur setiap tahunnya.
  • Dan keunggulannya yang terakhir adalah suara kokokan yang dimilikinya ini sangat panjang dan berirama sehingga menjadi enak didengar, suara kokokannya seperti seseorang yang sedang bernyanyi di pagi hari.

Untuk masalah harga dari ayam pelung ini sangat bervariasi, untuk harga ayam pelung yang sudah siap diikutsertakan ke dalam kontes bisa mencapai puluhan juta rupiah, bahkan ratusan juta rupiah. Itu semua juga kembali pada perawatan yang diberikan oleh pemiliknya dan juga prestasi serta kemampuan dari ayam pelung tersebut.

Baca Ini : Mengenal Ciri – Ciri Dari Ayam Laga Yang Bertipe Jalu Dan Pukul

Demikian akhir dari informasi yang dapat kami berikan mengenai mengenal keunggulan yang dimiliki oleh ayam pelung, semoga dengan informasi yang dapat kami berikan ini bisa bermanfaat untuk Anda dengan memperdalam wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply