Mengenal Ciri – Ciri Dari Ayam Laga Yang Bertipe Jalu Dan Pukul

ayam bangkok mematikan

Mengenal Ciri – Ciri Dari Ayam Laga Yang Bertipe Jalu Dan Pukul

Sabung Ayam – Ayam laga yang bertipe jalu biasa juga bisa disebut dengan ayam laga yang bertipe taji yang memiliki sebilah pisau yang diikatkan pada kakinya. Ayam laga yang bertipe taji ini juga tidak terlalu berbeda dengan ayam laga jenis lainnya.

Di dalam memilih ayam laga yang bertipe taji juga sama dengan memilih ayam laga jenis lainnya, hanya saja ada beberapa ciri – ciri yang harus diperhatikan yaitu seperti sisik yang rapi, kering dan memiliki 3 barisan, hal inilah yang lebih diutamakan dalam memilih ayam laga yang bertipe taji. Tajinya bisa berwarna hitam, besar kecil atau panjang ideal saja karena relatif tergantung dari struktur dan berat badan dari ayam laga tersebut.

Sedangkan ayam laga yang tidak memiliki taji biasanya disebut dengan ayam laga burus (tidak bertaji) versi Jawa. Ayam laga yang satu ini biasanya juga disebut dengan ayam laga bertipe pukul. Sesungguhnya tidak ada perbedaan yang terlalu membedakannya hanya saja yang membedakannya adalah yang satu memukul pakai pisau dan satunya lagi memukul pakai kepalan saja. Namun, tetap saja yang memukul pakai pisau ini tentu saja ada yang hebat dan juga ada yang tidak.

Ayam yang memukul hanya dengan menggunakan kepalan saja tentu saja memiliki dasar karena telah menjadi adat kebiasaannya maka ayam laga yang bertipe pukul ini relatif memiliki akurasi yang tinggi dalam memukul dan menumbangkan lawannya. Akan tetapi, hal ini tetap tergantung dari pola tipe dan struktur fisik dari ayam laga itu sendiri.

Sedangkan untuk ayam laga yang bertipe taji ini biasanya memiliki kekuatan yang lebih jika diberikan pakan gabah merah atau gabah biasa yang sudah dicampur dengan sedikit beras merah dan jangan memberikannya terlalu banyak, karena gabahnya yang harus diperbanyak dengan perbandingan 3 : 1.

Ayam laga yang bertipe pukul dan yang bertipe taji tetap saja memiliki tahap pelatihan dan pemeliharaan yang sama. Anda tidak harus menunggu sampai ayam tersebut berumur 9, 10 atau 11 bulan, namun pada kesiapan dan pemeliharaan dari pemiliknya masing – masing. Pada saat sudah siap untuk bertarung biasanya ayam laga yang bertipe pukul dan taji akan memilih lawannya dengan cara tandingan. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya jika mengalami kekalahan.

Baca Ini : Ayam Mana Yang Lebih Hebat, Ayam Burma Atau Ayam Saigon?

Demikian akhir dari informasi yang dapat kami berikan mengenai mengenal ciri – ciri dari ayam laga yang bertipe jalu dan pukul, semoga dengan informasi yang dapat kami berikan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda dengan memperdalam wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply