^ Mengenal Berbagai Jenis Ayam Hias Bekisar Di Indonesia ^

Ayam Hias Bekisar Adalah Merupakan Ayam Hias Yang Sangat Populer Di Indonesia

 

Ayam hias bekisar adalah merupakan ayam yang dihasilkan dari kawin silang antara ayam kampung serta ayam hias hutan hijau. Ayam hias bekisar biasanya memiliki bentuk tubuh yang agak kecil apabila dibanding dengan ayam kampung jantan. Ayam hias bekisar memiliki ciri-ciri bulu yang mengkilap yang berwarna biru kehijauan serta juga memiliki suara yang lebih halus dan unik.

 

Ciri-Ciri Ayam Hias Bekisar Sesuai Dengan Jenisnya

Ciri-ciri yang paling menonjol dari ayam hias bekisar adalah bulu yang terdapat pada lehernya berbentuk seperti bulatan, sangat berbeda dengan ayam jago biasa yang memiliki berbentuk lancip. Terdapat sedikitnya tiga jenis ayam hias bekisar, yakni gallus aenus yang mempunyai ciri jenggernya berberigi delapan, mempunyai pial serta bulu yang dimilikinya berwarna ungun dengan plisir yang berwarna kuning.

Gallus temminckii memiliki bulu yang berwarna merah mengkilap dengan pliris berwarna kecoklatan. Gallus violaceus mempunyai bulu yang halus serta berwarna ungu atau violet. Ayam hias bekisar adalah merupakan unggas sabung ayam yang berasal dari daerag Jawa Timur, tepatnya pada pulau Kangean kabupaten Sumenep.

Ayam hias bekisar mempunyai harga yang sangat mahal sekali apabila memiliki kualitas suara yang bagus atau disebut juga dengan nama ayam hias bekisar super. Ayam hias bekisar biasanya dijual dengan kisaran harga Rp 50.000 hingga Rp 100.000 tergantung dari kualitas ayam hias tersebut. Namun jika ayam hias bekisar tersebut telah memenangkan berbagai macam kontes, maka harganya bisa menjadi naik puluhan hingga ribuan kali lipat bahkan sampai puluhan juta rupiah.

Apabila anda ingin mempelihara ayam hias bekisar, anda perlu menyiapkan tenaga yang ekstra. Dikarenakan ayam hias ayam laga yang satu ini termasuk dalam jenis ayam hias yang rentan mati serta gampang stres. Meski anda ingin sekali ayam hias bekisarmu memenangkan berbagai kontes, tetap menjaga kesehatannya dengan tidak memforsirnya pelatihan berkicau.

 

Baca Juga : Ciri-Ciri Dan Jenis Ayam Bekisar Super

 

Apabila ayam hias bekisar anda terlalu capek berkicau, maka akan mengakibatkan ayam hias tersebut menjadi stres serta tidak memiliki nafsu makan. Apabila telah demikian, anda hanya cukup menunggu waktu saja hingga anda otomatis kalah dikarenakan ayam hias bekisar yang anda rawat tersebut mati. Oleh sebab itu jangan terlalu memforsirnya dengan pelatihan tersebut apabila anda tidak ingin ayam hias kesayangan anda akan menjadi mati.

Leave a Reply