Mengenal Asal Usul Ayam Ciparage Yang Melegenda Di Indonesia

Mungkin penggemar ayam laga belum semuanya mengenal ayam yang melegenda di Indonesia, ayam laga ini mirip dengan ayam bangkok, perbedaannya hanyalah ukuran tubuh yang dimilikinya lebih kecil ketimbang ayam bangkok. Anda pastinya pada penasaran dengan ayam legenda ini, ayam yang berasal dari kampung Ciparage, sesuai dengan nama kampungnya, ayam laga ini dinamakan ayam ciparage.

Ayam yang asalnya dari lokal Indonesia ini merupakan ayam laga yang unggulan, populasi ayam ciparage saat ini banyak orang tidak megetahuinya apalagi oleh para yang beranggapan ayam ciparage ini sudah punah, sebenarnya hal itu tidak benar, keberadaan ayam ciparage kian menurun terutama yang masih berdarah murni, karena minimnya penduduk dan ternak ayam yang melestarikannya. Hal ini juga disebabkan kawin silang dengan ayam dengan keunikan lainya dengan menghasilkan ayam yang unggulan seperti ayam bangkok, ayam brasil, ayam Ga No yang mempunyai postur tubuh yang besar-besar.

Ciri khas ayam ciparage ini memiliki postur tubuh yang kokoh serta besar, taji pada kakinya juga lebih besar dan pada bulunya yang berwarna hitam berkilat-kilat. Ayam ciparage memiliki pial dan gelambir kecil dengan posisi sedikit kedepan menyerupai buah strawberry. Paruh yang dimiliki ayam ciparage ini terbilang pendek, sedikit melengkung dan meruncing, mempunyai berat badan kurang lebih 2-3 kg, kakinya sedikit pendek berwarna kuning sedikit merah dan kokoh dengan mata yang lebih agresive terutama saat bertemu lawan tandingnya.

Ayam ciparage ini juga ternyata mempunyai 2 macam warna yang terdiri dari coraknya berwarna hitam kilatan yang diselimuti seluruh tubuhnya dan yang bulunya berwarna coklat keemasan.

Saat sabung ayam dengan ayam lainnya, ayam ciparage ini sangat beringas sama seperti ayam birma terutama gaya bertarungnya. Dengan pukulan yang lebih akurat mengenai lawannya menggunakan tajinya secara beruntun ke leher hingga kepala ayam lawannya. Ayam ciparage juga bisa mengalahkan ayam yang lebih besar darinya dengan serangan yang mematikan tentu selalu di takuti ayam lainnya yang berukuran seimbang dengannya.

Bagi anda penggemar ayam laga yang ingin memiliki ayam laga ini, anda tidak perlu kuatir karena  di Purwakarta yang mempunyai satu-satunya peternak  giat melestarikan ayam yang melegenda ini, dengan begitu anda juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan ayam ciparage untuk ditarungkan diarena sabung ayam.

Leave a Reply