Melatih Fisik Dan Mental Ayam Laga Melalui Latihan Secara Rutin

Sebagai seorang pecinta sabung ayam yang sudah lama mendalami dunia sabung ayam tentu saja tidak bisa melewatkan latihan ayam laga kesayangannya. Sering kali kita melihat berbagai macam jenis latihan yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membuat ayam laga kesayangannya menjadi ayam laga yang juara di dalam sebuah arena pertarungan sabung ayam.

Hal itu sangat penting bagi ayam laga untuk selalu berada di dalam kondisi yang prima. Hal tersebut bisa dicapai bukan hanya dengan asupan nutrisi yang bagus saja, akan tetapi juga harus melalui latihan fisik dan mental yang harus dilakukan secara rutin juga.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas sedikit informasi mengenai melatih fisik dan mental ayam laga melalui latihan secara rutin yang bisa Anda simak secara rinci berikut ini.

Latihan fisik yaitu latihan yang bertujuan untuk membiasakan ayam laga kita menjadi terbiasa dalam melakukan gerakan – gerakan baru yang dilatih pada saat latihan. Sedangkan latihan mental yaitu latihan yang bertujuan untuk membuat ayam laga kita selalu merasa siap dan percaya diri ketika dihadapkan dengan lawannya.

Kedua hal ini bisa dilakukan dengan satu jenis latihan yaitu latihan adu tanding ataupun yang biasa disebut dengan jajal. Jenis latihan yang satu ini sudah menjadi tradisi bagi sebagian jawara karena dipercaya bisa mengasah baik fisik maupun mental dari ayam laga untuk bertarung di dalam sebuah arena pertarungan sabung ayam.

Ini juga bisa menjadi persiapan sebelum ayam laga kita diturunkan ke dalam arena pertarungan untuk ditarungkan. Biasanya, latihan ini dilakukan sebulan sebelum pertarungan dimulai. Jika dilakukan secara rutin, maka sebagai seorang pecinta sabung ayam, sudah pasti bisa melihat perbedaannya ketika berada di dalam arena pertarungan.

Perlu Anda ketahui juga sebelum melakukan jenis latihan ini, sangat penting supaya Anda membungkus paruh dan taji yang terdapat pada ayam laga Anda terlebih dahulu. Dengan begini Anda bisa mencegah terjadinya cedera atau luka luar yang memang tidak bisa dihindarkan jika kedua ayam laga sudah bertarung.

Pembungkus bisa berupa kain perban yang dililitkan ataupun Anda bisa membeli di beberapa toko yang menjual pakan ataupun pusat yang menjual ayam laga. Biasanya toko – toko tersebut ada menjual penutup paruh dan juga pembungkus taji.

Jenis latihan ini dilakukan dengan cara menurunkan kedua ayam laga Anda di dalam satu arena pertarungan yang telah disediakan. Tentukan hari latihan, biasanya di dalam seminggu bisa dilakukan sebanyak 3 – 5 kali latihan ini, dengan sisa hari dalam satu minggu tersebut dijadikan sebagai periode pemulihan fisik dan mental pada kedua ayam laga tersebut.

Tentukan juga lama pertarungan yang Anda inginkan yang telah disesuaikan dengan kemampuan ayam laga Anda. Biasanya, lama waktu yang disarankan adalah di bawah 15 menit untuk satu ronde. Selama bertarung, Anda harus mengamati terus perkembangan ayam laga Anda, jika sudah terlihat capek atau lelah, maka berilah waktu untuk istirahat kepada ayam laga Anda selama 10 menit sebelum dilanjutkan ke ronde kedua.

Dengan paruh dan taji yang tidak bisa digunakan secara maksimal oleh ayam laga Anda, maka ini akan memancing ayam laga Anda untuk bekerja dengan ekstra keras untuk menumbangkan lawannya. Sehingga otot – otot ayam laga Anda akan terstimulasi dan ketika berada di dalam arena pertarungan yang sebenarnya, maka ayam laga Anda akan memiliki potensi yang bertarung yang jauh kuat lebih dari sebelumnya.

Bisa dibilang, jika semakin sering Anda melakukan latih tanding ini, maka akan semakin kuat fisik dan mental ayam laga Anda. Akan tetapi, Anda harus perhatikan juga kondisi dari ayam laga Anda, jangan melakukan latih tanding ini terlalu berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi fisik dan mental ayam laga Anda karena terlalu capek dan lelah.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai melatih fisik dan mental ayam laga melalui latihan secara rutin, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda serta bisa untuk menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply