Langkah Untuk Menghindari Penyakit Ngorok Ayam Laga

Penyakit ngorok pada ayam adalah salah satu penyakit yang paling mudah menyerang ayam laga dan berbagai jenis unggas lainnya. Penyakit ini pun bisa mengincar ayam laga unggulan anda pada pertarungan sabung ayam. Penyebab penyakit ngorok yang diderita ayam pada umumnya karena adanya lendir yang menyumbat sistem pernafasan ayam mulai dari hidung hingga keronggkongan. Lendir terbentuk karena sistem pernafasan ayam terinfeksi oleh bakteri. Sedangkan untuk penyebab hidup dari penyakit ini adalah bakteri dari CRD, ILT, Snot, Korisa, ND, IB, Serta Ai yang menyerang pernafasan ayam dan membuat ayam tersebut menjadi ngorok dan sering bersin.

1. Karantina Ayam Yang Sakit
Ayam laga yang sakit sebaiknya dipisahkan dari ayam-ayam yang sehat. Ini perlu dilakukan supaya penyakit ini tidak tertular ke ayam yang lainnya. Bila anda tidak melakukan pemisahan terhadap ayam sakit tersebut, maka kelompok ayam yang sehat juga dapat langsung tertular. Jarak yang disarankan untuk memisahkan kelompok ayam yang sakit dengan yang sehat adalah 20 meter hingga 25 meter.

2. Kandang Yang Tepat
Kenapa hal ini perlu di perhatikan? Karena kandang merupakan tempat hidup ayam dalam pertenakan yang harus di perhatikan secara serius bagi para peternak. Terutama ayam laga yang membutuhkan kandang yang berukuran besar dan tinggi. Penumpukan ayam pada kandang yang kecil akan menyebabkan terjadinya perebutan udara dan oksigen. Hal ini tentu akan memicu timbulnya penyakit ngorok pada ayam.

3. Pemberian Pakan Yang Sesuai
Jenis pakan ayam yang tidak sesuai dengan usia ayam akan memicu masalah pada sistem pernafasan ayam sehingga memicu timbulnya ngorok. Oleh karena itu sangat perlu di perhatikan jenis pakan apa yang harus anda berikan sesuai dengan usia ayam.

4. Kebersihan Kandang
Jika rumah seseorang sangat kotor dan tidak dirawat, orang yang tinggal didalam rumah juga akan sangat tidak nyaman dan mudah terserang penyakit. Begitu juga dengan ayam, kandang yang bersih akan membuat ayam dapat hidup dengan sehat dan terhindar dari penyakit.

5. Pengarungan Ayam
Kondisi cuaca yang sangat dingin pada saat musim hujan menyebabkan penurunan suhu, hal ini menyebabkan peningkatan ayam laga kita terserang penyakit ngorok. Ketika Cuaca sedang lembab, hujan, dan dingin, anda bisa mengurung ayam pada kandang yang tertutup dan dipasang lampu bertenaga 40 watt di dalam kandang ayam. Hal ini penting sekali karena ayam mudah kedinginan. Dengan anda melakukan itu, maka anda dapat menjaga suhu tubuh ayam.

Leave a Reply