Kriteria Dan Kemampuan Ayam Laga Olagan Asal Bali

Ayam olagan merupakan ayam laga yang mempunyai kekuatan fisik yang buat namun ukuran tubuhnya lebih kecil dari ayam bangkok asli

Kriteria Dan Kemampuan Ayam Laga Olagan Asal Bali

Kriteria Dan Kemampuan Ayam Laga Olagan Asal Bali

Sabung Ayam – Di kota bali, sangat banyak ayam petarung yang cukup menarik untuk dipilih untuk bertarung. Tidak hnya ayam bali betet saja, banyak jenis ayam asal bali yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dibali, salah satunya ayam olagan bali.

Ayam pejantan bisa dimanfaatkan untung bertarung sabung ayam, sedangkan untuk betina bisa diambil telurnya karena sekali bertelur sangat banyak, serta kualitas telurnya terjamin.

Meskipun ayam laga olagan bisa bertarung diarena sabung ayam, banyak yang aneh dengan melihat tingkah lakunya sampai-sampai ragu untuk memilihnya. Apabila diperhatikan gaya bertarungnya yang menyukai berlari seperti sedang ketakutan, padahal ayam tersebut sedang melakukan hindaran dari serangan lawan. Ayam olagan juga mempunyai pukulan berat seperti ayam birma, ayam pakhoe, ayam bangkok dan jenis lainnya.

Baca juga : Rahasia Lidah Buaya Untuk Ayam Laga Sabung Ayam

 

Kriteria Ayam Laga Olagan

Bagi yang ingin mengetahui ayam laga olagan asal bali lebih dalam, tentu harus mengetahui kriterianya terlebih dahulu, mulai dari ukuran tubuh, kaki, warna bulu dan lainnya. Berikut kriteria ayam laga olagan asal bali, antara lain :

  • Mempunyai fisk tubuh lebih kecil dari ayam bangkok asli dan penampilannya menyerupai ayam kampung pada umumnya.
  • Mempunyai bulu berwarna coklat bercampuran dengan kuning dan putih.
  • Mempunyai jengger berukuran kecil berwarna merah.
  • Mempunyai leher yang tidak panjang dengan sedikit bulu yang tumbuh.
  • Mempunyai paruh berwarna kuning dan pendek.
  • Mempunyai kaki berwarna putih kuning serta halus.
  • Berat tubuh ayam olagan pejantan sekitar 2,5kg dan untuk betina 2kg.

 

Demikianlah kriteria dan kemampuan ayam laga olagan asal bali. Semoga bisa dijadikan sebuah referensi bagi peternak ayam yang ingin memiliki dan memelihara ayam ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply