Kriteria Ayam Laga Madura Dalam Dunia Sabung Ayam

Ayam giok asal madura mempunyai tubuh elastis, tetapi sering dijadikan sebagai ayam pedaging oleh penduduk madura

Kriteria Ayam Laga Madura Dalam Dunia Sabung Ayam

Kriteria Ayam Laga Madura Dalam Dunia Sabung Ayam

Sabung Ayam – Apakah anda para penggila ayam aduan mengetahui ayam laga asal madura yang konan katanya cukup tangguh dalam bertarung di atas ring arena. Sejak dulu, ayam dari pulau madura selalu dikaitan dengan budaya dan tradisi yang kental. Bahkan sebelum Indonesia merdeka sudah banyak yang memelihara ayam madura ini.

Di kota Madura, tidak terlalu banyak jenis ayam laga yang baik untuk ditarungkan. Kebanyakan penduduk Madura memelihara ayam jenis luar untuk dipelihara sampai menghasilkan bibit baru, salah satunya ayam bangkok madura. Meskipun begitu, ayam tersebut tidak termasuk golongan asli dari Madura.

Kriteria Ayam Laga Dari Pulau Madura Yang Berkualitas

Ayam gaok merupakan ayam laga asli dari madura yang mempunyai kualitas unggulan. Kriteria warna bulu ayam gaok terdiri dari warna putih, hitam, hijau dan campuran dari warna lainnya. Dipulau madura, ayam yang bertubuh kekar, tegap dan besar ini dijadikan ayam pedaging oleh masyarakat di Madura. Karena dari awal ayam giok bukan dirawat untuk bertarung, padahal jika dilatih dengan intensif, pasti bisa menjadi ayam laga aduan yang berbahaya diarena sabung ayam.

Proses pertumbuhan ayam giok yang cepat menjadi sebuah alasan kenapa banyak orang-orang menjadikannya sebagai ayam pedaging. Berat badan ayam giok sekitar 4 kg, sedangkan untuk ayam giok betina hanya mencapai 2,5-3 kg. Yang menakjubkan dari ayam giok betina ialah dapat menghasilkan telur per musimnya banyak 50 butir. Itulah kenapa orang madura lebih memanfaatkan ayam giok untuk diambil daging dan telurnya ketimbang harus dilatih untuk diadukan di arena.

Baca juga : Jenis Ayam Hutan Hijau Dalam Sabung Ayam Live

 

Ada juga sebagian penduduk yang menggemari pertandingan sabung ayam dengan menggunakan ayam giok sebagai taruhannya. Meskipun begitu, masih belum ada yang bisa menjadikan ayam madura sebagai ayam petarung yang berbahaya di dalam dunia sabung ayam. Jika penduduknya lebih kreatif dan cerdas dalam merawat maupun mendidiknya menjadi ayam petarung unggulan, pastinya bisa dijagokan suatu saat nantinya.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan diatas mengenai kriteria ayam laga madura dalam dunia sabung ayam. Terima kasih atas waktunya membaca rangkuman yang sudah kami buat. Sekian dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply