Khasiat Bawang Putih Buat Ayam Laga

Khasiat Bawang Putih Buat Ayam Laga

Khasiat Bawang Putih Buat Ayam Laga

Sabung Ayam – Tanaman yang satu ini juga bisa jadikan sebagai antibiotik alami buat seekor ayam laga. Bawang putih yang ada di Indonesia sekarang ini adalah berasal dari daerah Kirgiztan, Asia Barat, yang pertumbuhannya yang cepat sehingga tersebar ke Mesir, Perancis bagian selatan, Italia, dan Sisilia. Bawang putih memang terdapat beberapa jenis diantaranya adalah bawang putih, merah mudah dan kuning.

Salah satu khasiat yang bisa diberikan oleh bawang putih ini adalah untuk mengobati penyakit diare. Penyakit diare ini tentunya juga sering menyerang ayam – ayam tersebut. Ayam yang terkena penyakit diare ini bisa Anda lihat melalui kotorannya yang berwarna tidak seperti biasanya. Ya, hal ini juga sama terjadi pada manusia, manusia yang terkena penyakit diare kotorannya juga akan berbentuk cair dan warnanya juga akan terlihat berbeda. Biasanya penyakit diare ini diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri pada sistem pencernaan ayam tersebut.

Di bawah ini adalah dua cara untuk Anda yang ingin mengobati penyakit diare pada ayam dengan menggunakan bawang putih, yakni sebagai berikut:

  1. Pertama kupas bawang putih tersebut, lalu potonglah menjadi kecil – kecil. Setelah itu, Anda bisa menyuapinya langsung pada ayam Anda.
  2. Kedua Anda bisa membuat bawang putih tersebut menjadi serbuk atau butiran – butiran kecil yang nantinya bisa Anda campurkan ke dalam pakan ayam laga Anda.

 

Khasiat Bawang Putih Buat Ayam Laga

 

Sebagai tambahan, supaya Anda bisa membuat serbuk bawang putih itu Anda membuatnya melalui proses yang sederhana. Yang pertama kupaslah terlebih dahulu kulit bawang tersebut dan kemudian potonglah menjadi bentuk – bentuk yang kecil. Lalu potongan kecil itu bisa Anda jemur dengan menggunakan lapisan plastik hitam yang tipis hingga menjadi kering. Setelah itu Anda bisa memblendernya dan akan lebih baik lagi apabila Anda memblendernya dengan kunyit yang sudah dijemur kering juga. Serbuk inilah yang nantinya akan Anda campurkan ke dalam pakan ayam Anda yang terkena penyakit diare ini.

Dengan begini maka penyakit diare yang dialami oleh ayam Anda pun akan segera sembuh. Dalam proses pengobatan ini Anda diharuskan untuk memantau terus kotoran yang dikeluarkan oleh ayam Anda. Hal ini dilakukan, untuk mengecek apakah kotoran yang dikeluarkan ayam Anda masih berwarna putih atau sudah kembali seperti semula.

Baca Ini : Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Laga

Semoga dengan informasi yang telah kami sampaikan ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply