Kegunaan Bagian Tubuh Ayam Laga Saat Sedang Bertarung!

Naluri alami yang dimiliki oleh ayam adalah naluri bertarungnya yang tinggi saat berhadapan dengan ayam lainnya yang tidak dikenalnya. Tentunya untuk bertarung, ayam pastinya akan menggunakan seluruh bagian tubuhnya untuk melangsungkan pertarungan sabung ayam yang dilakukannya.

Jadi, bagian tubuh ayam apakah yang sebenarnya sangat mempengaruhi bagaimana cara seekor ayam dapat bertarung dengan baik? Apa saja fungsi dari bagian tubuh tersebut dan bagaimana pula cara merawatnya ?

1. Bagian Paruh
Bagian paruh selain fungsi utamanya sebagai alat untuk menyantap makanannya, namun disisi lain paruh ayam merupakan salah satu senjata utama para ayam laga ketika menyerang lawannya. Penggunaan paruh biasanya dilakukan sebagai serangan pembuka yang dilakukan oleh para ayam laga tersebut. Serangan lanjutan biasanya akan dilancarkan ayam laga setelah berhasil mematuk bagian tubuh lawannya.

Untuk itu, sangat penting sekali apabila ayam anda memiliki serangan paruh yang kuat, sehingga disaat membuka pertarungan ayam anda dapat memberikan perasaan sakit dan kaget pada lawannya.

Cara untuk merawat paruh ayam laga juga relatif mudah, yaitu jangan biarkan paruh terkena air panas dan juga berikanlah beberapa supplement kalsium secara teratur, karena kandungan kalsium akan mempengaruhi tingkat kekuatan pada paruh ayam.

2. Bagian Ekor
Ekor yang dimiliki ayam laga merupakan sebagai penjaga keseimbangan tubuhnya disaat melancarkan serangan maupun menerima serangan. Dengan ekornya, ayam dapat menyangga tubuhnya yang sedang bergerak. Semakin terawat ekor ayam, maka ayam tersebut akan dapat menjaga keseimbangan tubuhnya dengan semakin baik. Untuk merawat ekor ayam juga tidak susah, anda hanya perlu memastikan bahwa tempat istirahat ayam tersebut tidak berada di dalam kandang yang sempit.

3. Bagian Taji
Taji merupakan senjata utama dari para ayam laga, namun belum tentu semua ayam dapat menggunakan tajinya sebagai senjata yang paling ampuh. Keampuhan taji ayam dapat dipengaruhi oleh faktor posisi taji yang dimiliki oleh tiap ayam. Posisi taji yang menghadap kebelakang akan menjadikan taji tersebut kurang berguna, karena akan sulit mengenai bagian tubuh lawan. Untuk meningkatkan performa ayam menggunakan taji adalah dengan tidak membungkus taji tersebut disaat ayam bertarung, karena akan mengurangi naluri tarung ayam tersebut. Selain itu juga anda tidak boleh meruncingkan taji disaat waktu ayam sedang beristirahat.

4. Bagian Kaki
Penting bagi anda untuk menghindarkan kaki ayam anda bergesekan dengan benda yang kasar dan keras. Hal ini perlu dihindari agar kaki ayam tidak menjadi infeksi dan merangsang timbulnya bubul pada kaki ayam anda. Disaat kaki ayam memiliki bubul, maka ayam tersebut tidak akan dapat berjalan dengan normal, melainkan pincang. Penyakit bubul akan sangat membuat ayam menderita setiap kali mereka berjalan, apalagi saat bertarung dimana tubuhnya akan terus bergerak dengan aktif. Jadi untuk menghindari timbulnya bubul adalah biarkan ayam melompat dari ketinggian.

5. Bagian Otot
Bagian yang tidak kalah penting adalah bagian otot. Bagian otot membutuhkan pewatan dan juga latihan, sehingga akan meningkatkan pertahanan ayam ini dan juga memberikan ayam laga tersebut dapat memberikan serangan yang keras pada lawannya. Otot-otot terpenting bagi ayam laga yang membutuhkan latihan adalah otot pada bagian bahu, leher, pangkal paha, lutut, dan juga bagian punggungnya.

6. Bagian Sayap
Bagian vital lainnya pada ayam laga adalah pada bagian sayapnya. Pada sayap ayam ini akan memiliki fungsi untuk melakukan serangan dan juga menunjang kemampuan ayam tersebut untuk meloncat ketika menyerang lawan sabung ayam. Jadi sangat penting bagi anda untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bagian saya ayam laga anda. Latihan yang dapat diberikan untuk meningkatkan kemampuan sayap ayam adalah dengan menaruhnya kesebuah kolam dan juga mengangkat tubuh ayam, lalu menahan bagian belakang ayam disertai melepas bagian tubuhnya dari pegangan anda.

Leave a Reply