Ciri-ciri Mencolok Ayam Laga Birma dan Cara Membedakannya

ayam laga
Ayam laga birma mempunyai banyak jenis yang tersebar di seluruh dunia. Ada yang asli tapi banyak juga yang sudah campuran. Ayam birma silang (campuran) punya ciri fisik yang hampir mirip sama yang asli. Buat membedakan, coba kita baca penjelasan di bawah ini.

Bentuk dan Ukuran Badan Ayam Laga Birma

Ayam birma punya ukuran tubuh yang kecil, sekitar 2 sampai 2,5 kilogram. Ini lah sebabnya kenapa banyak penggemar ayam laga yang menyilangkan ayam ini dengan ayam bangkok ataupun ayam jenis lain yang lebih besar.

Bentuk Wajah

Wajah ayam birma berbentuk tajam garis lurus. Tampak layaknya persilangan dari ayam kampung dan ayam bangkok. Telinganya agak besar dengan paruh ukuran kecil, lebih kecil dari ayam bangkok. Ada jenis-jenis tertentu yang memiliki jenggot di bagian bawah paruh.

Mata

Apabila kita memperhatikan ayam ini dengan teliti, mata ayam laga Birma sedikit cembung, tampaknya seperti melotot. Pandangan mata ini lah yang membuat ayam birma terlihat ganas dan sangar. Bahkan lebih ganas dibandingkan dengan ayam bangkok maupun ayam saigon.

Tulang Kaki

Faktor ini sangat penting untuk ayam laga dan tidak boleh disepelekan sama sekali. Besar nya tulang ayam menjadi indikasi kualitas nya. Semakin tebal dan kokoh, semakin tangguh ayam tersebut.
Tetapi tidak seperti ayam pada umumnya, ayam birma memiliki tulang yang bisa dibilang kurang ideal. Ayam ini puynya tulang yang kecil dan tipis. Inilah yang menjadi kekurangan dari ayam ini, sehingga harus mendapatkan perawatan extra agar tulang semakin besar dan kokoh.

Warna Bulu

Ayam birma memiliki bulu sayap yang panjang dan tebal. Ini menandakan bahwa jumlah bulu ayam birma lebih banyak dari ayam bangkok. Dari warna bulu, ayam birma mempunyai warna campuran mulai dari warna abu-abu, merah, dan wido. Perbedaan yang mencolok antara ayam birma dan ayam thailand yang mempunyai bulu berwarna merah kuning, merah hitam, atau warna normal ayam thailand lainnya.

Jengger

Ayam Birma yang asli punya jengger yang tegak dengan bentuk mirip dengan tanduk ular. Perlu anda ketahui bahwa ayam yang bagus biasanya mempunyai jengger yang kecil.

Leave a Reply