Ciri – Ciri Ayam Rosecomb Yang Berjengger Bunga Mawar

Ayam rosecomb adalah salah satu jenis ayam hias paling terkenal di dunia dan juga tertua. Catatan sejarah awal menceritakan ayam rosecomb berasal dari Inggris dan kemudian mulai terkenal ketika Raja Richard III memelihara ayam ini. Kemudian ayam ini mulai menarik hati para peternak ayam hias yang ada di Inggirs pada abad ke-19. Ayam ini kemudian dibuatkan standarnya oleh American Poultry Association pada tahun 1874.

Diberi nama Rosecomb karena ayam ini mempunyai jengger yang bisa dibilang unik. Dalam bahasa Inggris comb artinya jengger dan rose artinya bunga mawar. Berbeda dengan jengger ayam laga pada umumnya, jengger ayam rosecomb lebih menyerupai bunga mawar.

Ayam rosecomb memiliki ciri khas yaitu telinga yang berukuran besar dan berwarna putih. Untuk dapat dengan mudah membedakan ciri – ciri dari ayam ini, Anda hanya perlu memperhatikan telinga dan jengger dari ayam tersebut.

Cara perawatan ayam ini sedikit sulit karena perilaku ayam ini sulit untuk diketahui. Mereka bisa menderita sedikit kesuburan atau susah untuk dikembangbiakan. Maka dari itu, Anda harus benar berhati-hati dalam memelihara ayam jenis yang satu ini. Jika tidak, maka ayam rosecomb ini akan sulit untuk dikembangbiakan.

Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri ayam rosecomb yang bisa Anda simak, sebagai berikut :

  1. Berat ayam ini berkisar antara 5,5 – 6.4 ons untuk betina dan jantan berkisar antara 6.2 – 7.4 ons.
  2. Kepalanya berukuran sedang serta berwarna merah dan tidak berkeriput dan juga tidak memiliki lipatan ataupun bulu – bulu.
  3. Telinga berwarna putih seperti tanda telinga dari ayam hutan akan tetapi lebih lebar dan lebih besar.
  4. Memiliki ekor yang lebat dan membentuk gambar bulan sabit.
  5. Memiliki struktur tubuh yang pendek dan kaki yang pendek sebagaimana mirip dengan ayam bantam pada umumnya.
  6. Stuktur leher yang melengkung dan mengecil kearah kepala.
  7. Jengger yang berbentuk bunga mawar, persis seperti nama ayam ini.
  8. Sayapnya yang panjang dan menutup setengah area dada ayam tersebut.
  9. Variasi warnanya ada banyak. Kurang lebih 25 variasi warna. Tetapi yang dominan adalah warna hitam penuh (Black Rosecomb), warna lainnya biru (abu-abu menurut orang Indonesia), putih, hitam merah, dan lain sebagainya.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ciri – ciri ayam rosecomb yang berjengger bunga mawar, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply