Ciri-Ciri Ayam Ciparage Yang Populer Di Indonesia

Ciri-Ciri Ayam Ciparage Yang Populer Di Indonesia

Sabung ayam – Ayam ciparage saat ini sudah menjadi ayam yang terpopuler, meskipun sangat sulit untuk dijumpai bahkan dikira punah oleh orang-orang tetapi banyak penggemar  ayam yang ingin memilikinya. Ayam satu ini berasal dari kampung ciparage dan pernah dimiliki oleh sangat lengeda bernama Adipati Singaperbangsa.

Ciri ayam ini berbulu warna hitam kilat, taji dikakinya terbilang tajam dan mematikan serta meyerupai ayam bangkok jika dilihat dari penampilannya tetapi untuk ukurannya, ayam ciparage ini lebih kecil tubuhnya ketimbang ayam bangkok. Ayam ciparage ini juga mempuyai berbagau warna yang terdiri dari warna coklat kekuningan dan hitam mengkilat.

Ciri lainnya bisa peternak lihat dari mata yang kedalam, melengkung kakinya serta berwarna kuning keputihan, taji tajam panjang dan melengkung, pial bergerigi kecil, tunggal berwarna merah, sangat agresif, bulu pendek dan dadanya padat.

Gaya bertarung ayam ciparage ini menyamai ayam birma yang mempunyai kecepatan pukulan serta beruntun menyerang lawannya. Ayam ini bisa menumbangkan ayam laga di arena yang berukuran lebih besar darinya, karena itu para peternak ayam sangat tertarik dan ingin memilikinya.

Saat ini untuk mencari ayam ciparage asli cukup sulit karena sudah banyak dari hasil persilangan, serta minimnya pelestarian ayam jenis ini. Tetapi peternak ayam masih bisa berkesempatan memiikinya karena di pertankan di Purwakarta berupaya melestarikannya sehingga ayam ini sudah punah dari muka bumi ini.

 

Leave a Reply