Cara Yang Benar Untuk Memandikan Ayam Bangkok Petarung

Ayam bangkok yang biasanya di jadikan sebagai unggulan pada pertandingan sabung ayam memerlukan perawatan yang khusus agar ayam tersebut selalu memiliki performa yang bagus dan selalu siap untuk naik ke arena adu ayam., Jadi pada kesempatan ini kita akan membahas cara memandikan ayam bangkok yang benar.

Cara untuk memandikan ayam laga aduan harusnya dengan cara atau teknik yang khusus agar hasil yang didapatkan bisa sesuai keinginan. Sangat tidak di sarankan memandikan ayam laga dengan cara sembarangan. Seperti hanya melakukan siraman-siraman secara langsung ke ayam tersebut. Hal tersebut bisa menyebabnya ayam bangkok mengalami penurunan performa. Bagi para pemula sangat wajib untuk mempelajari cara memandikan ayam agar tidak melalukan kesalahan yang bisa menyebabkan ayam bangkok kesayangan anda menjadi lebih gampang sakit.

Langkah pertama persiapan yang perlu di lakukan ialah memiliki air yang cukup dan juga menyediakan busa yang bisa digunakan untuk membersihkan ayam bangkok dan juga menyediakan beberapa bahan berupa gula merah, asam jawa, bawang putih, dan juga kunyit. Lalu selanjut adalah lakukan pembersihan kepada ayam dengan cara sederhana namun memiliki manfaat dan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

  1. Bersihkan Tenggorokan Ayam Aduan

Sebelum kita mulai memandikan ayam aduan bangkok maka kita bisa lebih dulu membersihkan tenggorokan ayam tersebut dengan kain yang halus dan lembut dan juga harus kering. Selanjutnya kita bisa memberikan makan dan juga minum pada ayam bangkok.

  1. Membasuh Bulu Ayam Aduan

Setelah siap memberikan makanan pada ayam bangkok tersebut, anda bisa melanjutkan proses perawatan dengan membasuh ayam dengan menggunakan kain pembersih atau juga busa yang harus di basahi dulu. Kita bersihkan beberapa bagian penting pada ayam, yaitu kepala, paruh, hingga dagu ayam hingga bersih.

  1. Memandikan Ayam Aduan

Untuk memandikan ayam laga dengan cara yang tepat maka bisa dengan menyiram ayam tersebut secara perlahan, jangan membuat ayam tersebut kaget atau meronta yang dimana bisa membuat ayam jadi takut dan lari. Lakukan secara bertahap dengan hati-hati. Kemudian bersihkan bulu dan juga badan ayam dengan menggunakan busa, namun tidak perlu menggunakan sabun. Apabila ayam sudah tampak bersih, maka bilaslah ayam tersebut. Bilaslah dengan air yang bersih, namun tetap dengan perlahan dan hati-hati.

Jika sudah siap memandikan ayam maka bisa jemur ayam bangkok tersebut selama 30 menit. Ini bisa membuat ayam merasa segar dan juga menghindari ayam bangkok mengalami kedinginan. Lalu jangan juga memandikan ayam dengan air yang terlalu banyak, karena bisa membuat ayam kedinginan dan menjadi mudah sakit. Biasakan memandikan ayam dilakukan setelah ayam siap diberikan latihan sabung ayam.

Leave a Reply