Cara Perawatan Rutin Ayam Laga Yang Tepat

Cara Perawatan Rutin Ayam Laga Yang Tepat

Sabung ayam – Dalam perawatan ayam laga, penggemar ayam aduan dapat memilih antara perawatan sementara ataupun perawatan rutin. Ada baiknya penggemar ayam aduan melakukan perawatan rutin ini agar ayam bisa lebih terlatih tubuhnya dan lebih mempunyai persiapan yang matang sebelum siap untuk adu ayam di  dengan ayam lainnya.

Ayam laga diwajibkan selalu diperhatikan dan di rawat dengan rutin agar kita bisa melihat perkembangannya setiap saat ataupun kondisinya apakah baik buruknya pada saat itu. Pastinya penggemar ayam aduan ingin ayam lebih sehat setiap harinya, karena itulah kami disini akan memberikan beberapa cara perawatan rutin untuk ayam laga yang tepat agar kualitas ayam aduan kesayangan anda tidak menurun, namun terus meningkat.

Berikut cara perawatan rutin ayam laga yang tepat, yakni sebagai berikut :

Mandi
Cara pertama yaitu memandikan ayam bangkok secara rutin, pemandian yang efektif pada pagi hari sekitar jam 6-7. Sediakan air yang bersih dan bilas ayam laga anda dengan perlahan terutama pada bulunya agar lebih bersih dan indah setiap harinya. Apabila ayam laga selalu bersih maka penyakit pun akan menjauh.

Umbar
Ayam yang sudah dimandikan dalam keadaan bersih, anda bisa berikan umbaran yang luas agar ayam bisa mengeringkan badannya didalamnya. Anda bisa biarkan ayam tersebut hingga badannya benar-benar kering, sampai di sore harinya anda bisa lepaskan agar ayam bisa bergerak bebas.

Lari
Ayam laga pun juga memerlukan berinteraksi dengan ayam lainya agar tidak jenuh. Selanjutnya anda bisa berikan umpan berupa ayam babon agar ayam laga anda sibuk untuk mengejarnya dan otomatis ayam akan berlari, pergunakan kesempatan itu agar ayam bisa melatih kaki ototnya lebih kuat lagi.

Beristirahat
Setelah aktifitas padatnya sudah dilaluinya, sudah waktunya ayam laga anda beristirahat untuk memulihkan tenanganya kembali. Waktu aktifitasnya sampai jam 4 sore saja, dan sisanya untuk berikan ruang untuk ayam bersantai.

Asupan Suplemen
Saat peristirahatannya, anda juga jangan lupa berikan asupan suplemen yang bergizi. Selain untuk penambah energinya kembali, ada manfaat lainnya agar kekebalan ayam semakin kuat.

Demikianlah ulasan diatas mengenai cara perawatan rutin ayam laga yang tepat. Semoga bermanfaat dan berguna untuk ayam aduan, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply