Cara Mudah Membedakan Antara Ayam Laga Bangkok, Siam, dan Kampung

Cara Mudah Membedakan Ayam Laga Bangkok, Siam, dan Kampung

Cara Mudah Membedakan Ayam Laga Bangkok, Siam, dan Kampung

 

Cara Mudah Membedakan Ayam Laga Bangkok, Siam, dan Kampung

 

Sabung Ayam – Di Indonesia, jenis ayam laga yang dapat kita temui banyak sekali jenisnya. Dengan berbagai macam ciri dan bentuk khas yang dimilikinya membuat ayam laga begitu digemari oleh masyarakat Indonesia.

Secara umum, jenis ayam laga seperti bangkok, siam, dan juga kampung sering sekali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Bila dari perkataan banyak orang, ayam bangkok merupakan ayam laga yang terkuat diantara dua jenis lainnya. Bila kita buktikan secara langsung, maka jelas sekali kualitas ayam bangkok memang melebihi kualitas dari dua jenis ayam lainnya.

Namun yang membingungkan kita disini adalah bahwa ketiga jenis ayam laga ini memiliki bentuk fisik yang mirip antar satu dengan yang lainnya. Mengingat bahwa ayam siam dan ayam kampung sebenarnya merupakan keturunan dari ayam bangkok yang telah dikawin silangkan. Sehingga ketiga ayam ini memiliki bentuk tubuh dari kepala hingga kaki yang menyerupai.

Bagi orang yang awam dalam dunia sabung ayam, maka hal tersebut menjadi sebuah permasalahan. Tetapi bagi mereka yang sudah biasa dan menjadikan dunia ini sebagai hobinya, maka sangat mudah sekali untuk membedakannya.

Secara garis besar, ketiga ayam ini memanglah memiliki wujud yang sangat mirip sekali. Hanya saja, bila anda bandingkan dengan teliti, maka ukuran tubuh ayam bangkok akan lebih besar dari ayam siam, dan ayam siam akan lebih besar dari ayam bangkok.

 

Baca juga : Jenis Ayam Laga Asli Indonesia Yang Memiliki Kualitas Tinggi

 

Untuk tingkatan dari kekuatan antara ketiga jenis ayam ini, maka kekuatan yang ayam bangkok miliki melampaui ayam siam dan bangkok.

Untuk ukuran tenaga dan stamina, maka sudah jelas sekali ayam bangkok sebagai jenis ayam laga asli akan memiliki tingkatan tenaga yang tertinggi. Lalu diikuti oleh ayam siam dan kemudian ayam kampung.

Lalu kemudian dari sisi kecepatan, maka ayam siam merupakan ayam yang memiliki kecepatan yang tertinggi. Karena tubuh ayam siam yang paling ramping bila dibandingkan dengan dua jenis ayam lainnya. Ayam siam ini juga sangat lincah sekali ketika dirinya sedang bertarung.

Untuk sisi mental sudah jelas ayam bangkok juga yang tertinggi, baru diikuti dengan ayam siam dan ayam pengecut alias ayam kampung.

Meskipun begitu, ayam kampung memiliki kelebihan yang tidak begitu dimiliki oleh ayam jenis lainnya. Meskipun dicap sebagai ayam pengecut, tetapi ayam kampung jarang sekali mengalami kejatuhan mental dalam periode panjang. Tidak seperti ayam bangkok dan siam yang bila mengalami kekalahan akan mudah kejatuhan mental tarungnya dalam periode yang cukup panjang. Sehingga hal ini yang membuat para peternaknya akan membutuhkan waktu untuk mengembalikannya.

Leave a Reply