Cara Menjaga Kesehatan Ayam Bangkok Ketika Musim Hujan Tiba

Ayam sering terkena sakit ketika musim hujan tiba, karena itu para jurangan harus memperhatikan beberapa hal dan mempersiapkannya dengan segera

Cara Menjaga Kesehatan Ayam Bangkok Ketika Musim Hujan Tiba

Cara Menjaga Kesehatan Ayam Bangkok Ketika Musim Hujan Tiba

Sabung Ayam – Musim yang ada di Indonesia hanya ada 2 yaitu musim penghujan dan kemarau. Sebagai pencinta ayam aduan tentu harus mengerti pada kondisi cuaca ini, apalagi untuk ayam aduan. Tidak semua suhu membuat ayam aduan merasa nyaman, apalagi ketka musim hujan tiba. Hal ini membuat suhu menjadi rendah dan membuat tubuh ayam kedinginan.

Selain itu juga akan meningkatkan kelembaban pada sekitar kandang. Tentu akan merepotkan jika ayam aduan anda sakit karena hal seperti itu. Tingkat kelembaban meningkat bisa mendatangkan berbagai virus dan bakteri yang berbahaya tentu mengancam kesehatan ayam laga anda.

Perawatan Ayam Bangkok Ketika Musim Hujan

Pada musim hujan tiba, tentu para jurangan harus mempersiapkan secara dini untuk mengatasi permasalahannya. Tujuannya agar tidak mempengaruhi kenyaman saat yang berada didalam kandang bahkan tidak terkena berbagai penyakit. Berikut perawatan ayam bangkok ketika musim hujan, antara lain :

Berikan Pakan Khusus

Para jurangan bisa memberikan pakan khusus untuk musim penghujan. Tujuannya membuat kehangatan didalam tubuhnya, yaitu dengan campuran voor, kunyit dan kencur. Dengan campuran pakan ini bisa membantu ayam aduan terhindar dari kedinginan selama musim hujan turun.

Kandang Harus Rajin Di Bersihkan

Sebaiknya sebelum hujan tiba, anda bersihkan terlebih dahulu kandangnya agar tidak terkontaminasi oleh kotorannya. Air hujan bisa saja masuk dan membuat kotoran ayam menjadi basah dan akan mengalir keseluruh ruangan. Tentu hal ini menjadi penyebab ayam sering sakit, karena banyaknya bakteri.

Kebersihan Ayam Bangkok

Tidak hanya kebersihan pada kandangnya saja, para jurangan sabung ayam juga harus memperhatikan kebersihan ayam bangkok juga. Jadi segeralah memandikannya setelah hujan mulai berhenti. Kemudian jemur hingga kering, tentu ayam akan lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Berikan Lampu Untuk Hindari Kelembaban

Selama musim penghujan tentu ayam akan selalu berada didalam kandang. Pastikan selalu ada lampu penghangat didalamnya yang akan mendukung suhu tubuhnya stabil dan terhindar dari kedinginan. Selain itu, pintu kandang juga harus ditutup untuk menghindari angin luar masuk kedalam.

Baca juga : Kriteria Dan Kemampuan Ayam Laga Olagan Asal Bali

 

Demikianlah pembahasan yang bisa kami sampaikan dalam mengatasi dan perawatan untuk menjaga kesehatan ayam bangkok ketika musim hujan tiba. Semoga bisa dijadikan sebuah pembelajaran yang berharga dalam merawat ayam bangkok agar terhindar dari hal-hal yang buruk yang akan menimpah ayam kesayangan anda nantinya. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply