Cara Mengobati Sariawan Pada Ayam Aduan

sabung ayam

Berikut adalah cara mengobati Sariawan pada Ayam Aduan yang biasa kita pakai dalam Sabung ayam

Tidak hanya manusia aja yang bisa ngerasain sakit nya saat sariawan di mulut. Ayam aduan yang biasa kita gunakan untuk sabung ayam itu pun, sebenarnya sering mengalaminya yang bisa disebut dalam ilmu per-ayam-an adalah goham atau gomen. Penyakit ini menyerang ke dalam mulut ayam dan penyakit ini tidak bisa disepelekan karena bisa saja berkembang mejadi dugal atau tumor di ayam kesayangan kita.

Banyak faktor yang menyebabkan sariawan ini pada ayam kita antara lain adalah yaitu :

1. Abar atau Tarung

2. Tarung di Kandang / Pacrok

3. Tidak benar dalam membuka paruh ayam saat melakukan loloh

4. Tidak benar cara dalam mengerok tenggorokan ayam

5. Tergores sesuatu saat sedang makan

6. Kurang bersihnya Kandang ayam dan makanan serta minumannya

7. Menelan makanan yang keras

Akan sangat disayangkan apabila ayam kita mengalami hal itu karena dapat membuat nafsu makan hilang yang pastinya bakal membuat ayam menjadi drop lalu mulut menimbulkan bau mulut bahkan apabila parah sariawannya, bisa menimbulkan dugal atau tumor membengkak besar dan sudah pasti pengobatannya akan lebih lama lagi dan bahkan bisa-bisa membutuhkan waktu yg sangat lama. Adapun obat-obat gomen atau goham atau sariawan pada ayam adalah sebagai berikut :

1. Albothyl

2. Vitamin C

3. Obat Sariawan

4. Amoxicyllin

Pilih lah salah satu pilihan obat di atas. Cara pengobatannya adalah dengan teteskan Albothyl tersebut atau obat sariawan kepada gomen nya itu dan lakukanlah setiap hari sekali. Apabila menggunakan Vitamin C dan Amoxicyllin, berikan minum pada ayam kita dengan dosis sama dengan Albothyl. Selain obat-obatan di atas, masih ada alternatif obat lain yaitu dengan memakai bahan-bahan yang alami seperti tertera di bawah ini.

1. Rebus kacang hijau dalam air dan berikan kacang hijaunya

2. Rebuskan daun sirih yg telah di camur dengan garam

3. Remaskanlah daun kemangi

4. Berikan ulat pada daun pisang

5. Berikan perasan jeruk nipis

5. Blimbing sayur atau belimbing wuluh

Pilihlah salah satu dari obat alami di atas.
Untuk rebusan kacang hijau dan sirih, dapat di minumkan air nya ke si ayam aduan kita. Untuk remasan daun kemangi, anda cuma perlu melolohkan saja untuk mengurangi bau mulutnya. Perasan dari jeruk nipis dan blimbing sayur itu hanya perlu di ambil air nya lalu diberikan ke ayam kita. Nah kalau ayam kita sudah sembuh, bisa lanjut lagi deh sabung ayam nya. Selamat mencoba ya.

Leave a Reply