Cara Memberi Vaksin Pada Ayam Aduan

sabung ayam

Vaksin adalah pemberian obat pada unggus agar dapat mengantisipasi ayam untuk sabung ayam kita terkena penyakit. Namun cara untuk memberikan vaksin sangat beragam caranya, tergantung pemilik ayam ingin menggunakan teknik yang mana. Vaksin yang populer adalah jenis ND atau jenis GD. Keduanya sangat penting untuk diberikan ke ayam kita guna mencegah berbagai jenis penyakit yang menyerang. Vaksin jenis ND berguna untuk mencegah totelo. Dapat kita aplikasikan pada anak ayam dalam jangka 1 minggu setelah menetas. Vaksin GD mumpunyai fungsi mencegak penyakit gomboro dan cara penggunaannya sama dengan vaksin ND.

Kualitas vaksin itu lebih bagus dan sanggup melindungi anak ayam kecil sampai ayam tersebut dewasa apabila kita berkan secara berkala dangan intensitas 4 bulan sekali.

Beberapa teknik vaksin yang bisa kita aplikasikan pada ayam antara lain sebagai berikut:

  1. Vaksin yang diteteskan pada mata ayam secara langsung
  2. Vaksin mulut, dapat kita gunakan dengan diteteskan secara langsung ke mulut ayam kita
  3. Vaksin suntuk. Teknik ini jarang digunakan sebab tidak semua orang bisa menyuntik ayam, dan dibutuhkan pengetahuan khusus untuk menyuntuk agar tak melukai ayam.
  4. Vaksin suntik kulit. Normal nya vaksin ini disuntukkan di bagian bawah kulit ayam, tapi kebanyakan peternak menyuntik di bagian leher.
  5. Vaksin di air minum, dilakukan dengan mencampurkan vaksin ke air minum ayam kita, tetapi cara ini menurut saya tidak terlalu efektif. Apabila ayam tidak mau minum, maka air tersebut akan mubajir. Maka lebih baik menggunakan jenis-jenis vaksin diatas apabila anda tidak ingin mengambil resiko.

Penjelasan:

Jenis-jenis cara mem-vaksin diatas adalah cara yang paling sering digunakan oleh para peternak Ayam untuk sabung ayam ini. Dalam mengaplikasikan vaksin tersebut pada ayam bangkok kita, juga harus diikuti dengan kondisi badan dan juga kesehatan ayam kita. Apabila ayam bangkok atau ayam sabung kita sedang sakit, maka tidak diperbolehkan untuk diberi vaksin karena vaksin ini fungsinya adalah untuk mengantisipasi, bukan untuk mengobati. Apabila ingin mengobati, silahkan mencari obat khusus untuk jenis penyakit yang diderita ayam bangkok kita.

Leave a Reply