Fungsi Cacing Tanah Untuk Pukulan Ayam Laga

sabung ayam

Tenaga ayam laga yg kuat bakal lbh gampang meraih kemenangan dlm sabung ayam, begitu jg sebaliknya. Karena tenaga ayam laga yg minim bakal mengakibatkan ayam gampang letih yg akhirnya pergerakan ayam laga bakal semakin lambat. Baik dlm menghindar dr pukulan lawan ataupun ayam sedang melancarkan pukulan.

Selain perawatan yg bagus, ayam jg memerlukan tambahan pakan dan multivitamin untuk memperoleh kebugaran tubuh dan stamina yg bagus apabila ingin diikut sertakan dalam sabung ayam. Untuk memperoleh hasil ayam laga mempunyai tenaga dan stamina yg bagus, hendaknya ayam mendapatkan perawatan rutin dan selalu mendapat pakan tambahan yg cocok untuk aksi laga nantinya. Untuk jenis perawatannya seperti pada artikel tentang Setelah ayam laga secara rutin mendapatkan perawatan, ayam jg membutuhkan pakan untuk membangun dan sebagai cadangan tenaga jika diperlukan ayam sewaktu diadu. Untuk jenis pakannya ayam bisa disuguhi pakan beras merah.

Namun pada dasarnya pakan seperti jagung, beras merah dan gabah tersebut bisa diberikan sesuai dgn suhu dilingkungannya, karena pemberian pakan yg tak sesuai bakal berdampak pada stamina ayam tersebut. Seperti pada suhu yg dingin ayam diberi makan jagung maka otomatis ayam bakal mengalami penuaan bulu dan bakal gampang ayam berganti bulu dlm bahasa jawa ayam bakal sulam, sehingga pada waktu ayam mengalami sulam tersebut ayam bakal memiliki stamina yg buruk. Untuk itu pakan ayam laga untuk suhu lingkungan tak terlalu dingin bisa diberikan pakan beras merah.

Setelah ayam sudah mendapatkan pakan yg memenuhi kebutuhannya, untuk mendapatkan ayam laga dengan pukulan berbobot dan kuat, ayam bisa diberikan pakan tambahan diantaranya ayam bisa diberi pakan seperti cacing tanah. Cacing tanah adalah jenis pakan ayam laga yg mengandung protein yg sangat baik untuk diserap ayam laga sewaktu ayam diadu. Karena ayam laga ketika diadu pada airan ketiga dan seterusnya ayam sudah kehabisan sumber tenaga yg dihasilkan dr karbohidrat dr dlm tubuh yg ahirnya ayam bakal menyerap protein dlm tubuh sebagai sumber tenaga.

Cacing tanah adalah pakan yg bagus untuk diserap dlm tubuh ayam, karena mengandung protein tinggi. Adapun kandungan dr cacing tanah tersebut mengandung asam amino dan jg protein sebesar 76%. Adapun pemberian pakan cacing tanah tersebut bisa diberikan dua kali dlm seminggu.

Untuk porsinya ayam bisa diberi 2-4 ekor cacing tanah sebesar pensil. Untuk cara pemberiannya: bersihkan cacing tanah tersebut dr kotoran yg ada dlm perutnya kemudian dipotong-potong kecil agar gampang ditelan oleh ayam. Biasanya jika ayam secara rutin diberi pakan seperti diatas, sewaktu diadu ayam bakal mempunyai tenaga stabil dan tak terlihat gampang letih biasanya hingga pada airan keempat stamina ayam masih stabil, jenis pakan tersebut jg berpengaruh pada bobot pukulan ayam. Pukulan ayam lbh berbobot dan terlihat stabil.

Leave a Reply