Bisakah Ternak Ayam Kate Untuk Sabung Ayam

Ayam kate merupakan salah satu jenis ayam yang dapat kita temukan diberbagai daerah di Indonesia. Kalau melihat dari namanya, “kate” maka ayam tersebut berbentuk kecil, selain bentuknya yang kecil, ayam ini juga memiliki suara kokokan yang berbeda dari antara jenis ayam lainnya, layaknya seperti orang yang tertawa. Ayam kate sendiri sebenarnya dikategorikan sebagai ayam hias ketimbang ayam laga, karena faktor tubuhnya yang tidak memungkinkan.

Untuk membudidaya ayam jenis ini tergolong lebih sulit, karena ayam kate terkenal sebagai ayam yang sangat setia. Sepasang ayam kate akan selalu bersama-sama setiap saatnya, mereka sangat sulit sekali untuk berganti pasangan. Selain itu keturunan yang dapat diperoleh juga tidak banyak, paling tidak sepasang atau dua pasang saja keturunan yang biasa dapat diperoleh.

Cara paling ampuh untuk membudidayakan ayam ini adalah dengan langsung memisahkan ayam kate yang berpasangan tersebut, agar dari pihak betina maupun jantan dapat berkembang biak dengan ayam lainnya maupun melakukan perkawinan campuran.

Selain itu, ayam kate yang mengeram, setelah telurnya mulai menetas, tindakan yang harus anda lakukan adalah langsung memasukkan anak-anak ayam tersebut kedalam sebuah kandang khusus bayi ayam tersebut. Faktor keselamatan yang dimiliki anak ayam kate sangatlah rendah, mengingat tubuhnya yang kecil dapat dengan mudah secara tidak sengaja terinjak maupun ditabrak dengan ayam dewasa lainnya.

Ayam kate yang sudah tumbuh menjadi dewasa, lebih baik dihindarkan dari ayam petarung yang lebih besar. Karena meskipun memiliki badan yang kecil, itu tidak membuat ayam kate memiliki mental yang kecil. Mental ayam kate termasuk besar, apabila merasa terancam atau diserang, ayam tersebut berani menyerang ayam petarung yang bertubuh besar, bahkan ayam bangkok sekalipun juga berani dilawannya.

Ayam kate dapat bertarung juga dengan aggresif, meskipun begitu, ayam ini juga dapat menyadari bahwa ukuran tubuhnya yang lebih kecil tidak memungkinkan ayam ini untuk dapat menyerang lawannya dengan fatal. Ayam kate biasanya tidak akan bertarung dalam tempo waktu yang panjang, oleh karena inilah juga faktor utama ayam ini tidak cocok untuk dijadikan ayam petarung, apalagi dijadikan sebagai peserta sabung ayam. Tubuhnya yang kecil juga menjadi kelemahan utamanya diantara ayam lainnya, tubuh kecil berarti pertahanan yang kecil juga. Setiap serangan lawan, apalagi ayam yang kuat dapat langsung menjatuhkan ayam kate dengan sekali serangan brutalnya.

 

Leave a Reply