Berbagai Jenis Ayam Terbesar Yang Ada Di Dunia

Bagi Anda para pecinta sabung ayam yang ada di seluruh Indonesia, tentu saja sudah mengetahui dengan betul berbagai jenis ayam laga yang ada di seluruh dunia. Akan tetapi, ada juga beberapa jenis ayam terbesar yang ada di dunia yang berukuran sangat besar dan sangat menarik untuk di bahas.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini, kami ingin mengulas sedikit informasi mengenai berbagai jenis ayam terbesar yang ada di dunia yang bisa Anda simak secara lengkap berikut ini:

  1. Ayam Australorp

Jenis ayam yang satu ini bisa ditemukan di sebagian besar wilayah Australia. Ayam ini pertama kali dibudidayakan pada tahun 1890. Ayam australorp merupakan hasil kawin silang dari ayam orpington dengan ayam rhode island red. Kawin silang ini pertama kali dilakukan oleh William Cook dan Joseph Partington.

Ayam yang satu ini merupakan ayam petelur dengan tingkat produktifitas yang lebih tinggi di atas rata – rata ayam petelur pada umumnya. Ayam australorp ini juga bisa menjadi pemegang rekor ayam penghasil telor terbanyak setiap tahunnya sebanyak 364 butir telur per tahunnya. Bentuk badan dari ayam australorp ini berukuran cukup besar dan hampir mirip dengan ayam orpingtong. Bobot berat dari ayam jantan ini bisa mencapat 4,7 kg dan betinanya bisa mencapai 4,2 kg. Ayam australorp ini seringkali disebut sebagai jenis ayam terbaik yang ada di dunia.

  1. Ayam Croad Langshan

Jenis ayam yang satu ini merupakan salah satu keturunan dari ayam yang asli berasal dari daratan China. Ayam croad langshan ini memiliki bentuk badan yang tinggi besar dengan punggung yang melengkung. Nama ayam croad langshan berasal dari nama sebuah desa kecil yang ada di dekat sungai Yang Tse.

Mayor F.T Croad menemukan beberapa ekor ayam ini dan mengirimnya ke Inggris pada tahun 1872. Sejak saat itu, ayam croad langshan ini langsung naik daun dan dikenal di berbagai belahan dunia. Jenis ayam yang satu ini mampu memproduksi telurnya hingga 150 butir telur per tahunnya. Walaupun produktifitasnya rendah, akan tetapi ayam croad langshan ini tetap menjadi ayam pedaging yang paling digemari karena memiliki tekstur daging yang terbaik untuk dimasak.

  1. Ayam Orpington

Jenis ayam yang satu ini berasal dari Kota Orpington yang ada di wilayah Kent, bagian Tenggara Inggris. Ayam orpington ini pertama kali ditemukan oleh William Cook pada tahun 1886, dari hasil kawin silang antara ayam minorica, langshan dan pymouth rock. Ayam orpington ini termasuk mongoloid yang memiliki postur tubuh yang besar, bulat, berdada lebar, kepala yang kecil dan juga jengger yang berukuran kecil pula.

Bobot berat dari jantannya bisa mencapai 4,5 kg dan betinanya bisa mencapai 3,6 kg. Ayam orpington ini dipelihara sebagai ayam pedaging dan petelur. Ayam orpington ini pernah memegang rekor dengan memproduksi sebanyak 340 butir telur per tahunnya.

  1. Ayam Sussex

Jenis ayam yang satu ini merupakan salah satu jenis yang paling populer di negara Inggris. Ayam sussex ini juga merupakan jenis ayam yang tertua yang pernah hidup di dunia ini yang diperkirakan sudah ada sejak zaman kerajaan Romawi menyerang kepulauan Inggris pada tahun 43 Masehi. Ayam sussex ini memiliki ukuran yang besar dan montol seperti layaknya seekor ayam mongoloid, bobot badan jantannya bisa mencapai 4,1 kg dan betinanya bisa mencapai 3,2 kg.

Ayam sussex ini memiliki beberapa variasi warna bulu seperti warna merah, kuning, abu – abu dan berbintik. Salah satu jenis ayam sussex yang paling langka adalah yang berbulu warna putih yang juga dipercaya mampu memproduksi telurnya hingga 350 butir telur per tahunnya. Ayam sussex merupakan jenis ayam yang juga sering diternak sebagai ayam pedaging dan petelur. Betina dari ayam sussex ini mampu untuk memproduksi telurnya hingga 320 butir telur per tahunnya.

Ayam sussex ini cukup jinak dan sangat mudah untuk beradaptasi terhadap lingkungan sekitar yang ditumbuhi rumput. Dulunya, ayam sussex ini juga sering dijadikan sebagai ayam kontes.

  1. Ayam Pelung

Jenis ayam yang satu ini adalah ayam yang berukuran besar yang asli berasal dari negara Indonesia. Diduga berasal dari Jawa Barat, ayam pelung mulai dikenal oleh masyarakat Cianjur dari tahun 1850. Bentuk badannya yang besar dengan kaki yang panjang, menjadi ciri khas dari jenis ayam yang satu ini.

Dengan bobot berat yang bisa mencapai 7 kg, jenis ayam yang satu ini sering juga dijadikan sebagai ayam laga. Akan tetapi, karena badannya yang besar, ayam laga ini sering menjadi sasaran empuk bagi ayam laga lainnya ketika bertarung di dalam arena pertarungan sabung ayam karena pergerakannya yang lambat sehingga pada akhirnya para pecinta sabung ayam lebih memilih ayam bangkok yang memang merupakan keturunan dari darah ayam laga sejati.

Betina dari ayam pelung ini juga tergolong tidak begitu produktif dengan hanya bisa memproduksi telurnya kurang lebih sekitar 70 butir telur per tahunnya. Banyak dari pecinta sabung ayam yang memelihara ayam pelung ini sebagai hiasan ataupun pajangan karena ukuran badannya yang memang sangat besar.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai berbagai jenis ayam terbesar yang ada di dunia, semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda serta bisa memperluas wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply