Ayam Petarung Anda Ganti Bulu?Begini Cara Mengatasinya

Ayam Petarung

Ayam petarung yang lagi dalam masa mabung atau ganti bulu, atau ngurak merupakan hal yang sudah alami dan merupakan sesuatu yang wajib dari suatu ayam, bisa di katakan siklus dari alam. hampir setiap tahunnya ayam pasti mengalami mabung dengan masa mabung yang relatif cukup lama antara 2 sampai 5 bulanan. jika yam bangkok mabung maka sudah di pastikan harus diistirahatkan dari mencari nafkah bagi sang juragannya. bila ayam kita mengalami mabung maka kita sebagai pemiliknya tentunya harus merawatnya dengan serba istimewa agar nantinya ayam tersebut bisa berkerja kembali sesuai yang kita inginkan.

Merawat dan mengatasi ayam bangkok yang lagi ganti bulu kita bisa memberikan multivitamin dan asupan pakan yang memiliki nilai gizi, protein dan mineral yang lebih di bandingkan hari biasanya. pakan yang paling joss untuk ayam yang sedan mabung adalah pakan berupa glower, paka ayam telur. karana pakan ini mengandung banyak protein tinggi dan kita bisa berikan tambahan mineral secukupnya. Dalam merawat ayam yang sedang mabung, bisa dengan lakukan latihan ringan. dengan senam ringan di bagian sayap. dan kakinya untuk melemaskan otot otot ayam. hal ini cukup kita lakukan 4 hari sekali saja. perbanyak ayam untuk istirahat dengan cukup. bila anda masih pemula di dunia bangkok  sebaiknya di perhatikan saat memegang ayam bangkok yang lagi mabung. jika kita tidak berhati hati. bisa membuat ayam bangkok tersebut kesakitan. karena bulu ayam bangkok yang baru tumbuh akan terasa sakit jika berbenturan, ini harus di perhatikan.

jika bulu dari ayam sudah mulai tumbuh dengan rapat dan sempurna, yang kita lakukan sebagai juragan ayam adalah dengan lakukan pelatihan rutin seperti sedia kala. dalam hal pakan, kembalikan seperti semula, mandikan serta jemur ayam seperti sebelumnya . jika ayam kita rasa sudah sehat dengan sempurna lebih baik bersihkan bulu halus ayam dengan menggunakan kapur sirih yang telah di campur air. yang perlu anda ketahui juga jika ayam dalam masa mabung harus hati hati dalam melakukan perkawinan dengan induk betina, sebaiknya perhatikan pola pakannya, pada saat mabung ayam bangkok tidak memiliki nafsu yang cukup tinggi. ini karenakan kurangnya karbohidrat dalam tubuhnya. selain kurang bagus mengawinkan ayam mabung, anakan yang di hasilkan juga ikut menjadi kurang berkulitas. untuk menghindarinya dapat kita berikan pakan yang mengandung karbohidrat serta perotein yang lebih. mungkin sampai sini saja yang dapat saya jelaskan dan untuk menambah pengetahuan bagi teman teman semua.

Leave a Reply