Ayam Mana Yang Lebih Hebat, Ayam Burma Atau Ayam Saigon?

burma vs saigon

Ayam Mana Yang Lebih Hebat, Ayam Burma Atau Ayam Saigon?

Sabung Ayam – Sebagai salah seorang pecinta sabung ayam yang sesungguhnya, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ayam burma dan ayam saigon. Kedua ayam laga ini memang merupakan dua dari beberapa ayam laga yang berkualitas yang bisa Anda peroleh di negara Indonesia.

Mungkin bagi beberapa pemula yang ingin memelihara ayam laga, biasanya akan langsung memilih ayam bangkok. Akan tetapi, ayam burma dan ayam saigon ini merupakan pesaing berat bagi ayam bangkok di dalam arena pertarungan sabung ayam dan terkadang memang kedua ayam laga ini memiliki harga pasaran yang masih lebih rendah dari ayam bangkok. Maka dari itu, pada kesempatan yang bagus ini, kami akan mengulas sedikit informasi mengenai ayam mana yang lebih hebat antara ayam burma dan ayam saigon yang bisa Anda simak berikut ini.

Ayam burma memiliki ciri khas dengan memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dari ayam laga jenis lainnya. Meskipun demikian, kekuatan utama dari ayam burma ini terletak pada kelenturan tulang dan juga kecepatannya dalam bertarung. Ayam burma juga terkenal dengan teknik betarungnya yang cukup disukai oleh para kalangan pecinta sabung ayam yaitu teknik pukulan yang bertubi – tubi yang sangat sulit untuk ditepis.

Sayangnya, dengan memiliki tulang yang tipis ini berarti membuat ayam burma ini tidak memiliki daya tahan yang baik terhadap segala jenis pukulan yang akan ie terima. Ayam burma ini sangat mudah untuk cedera ketika bertarung melawan ayam laga yang bertipe pukul badan. Akan tetapi, hal ini memang sudah normal bagi setiap ayam laga, setiap kelebihan yang dimilikinya pasti selalu dibarengi dengan kelemahannya. Biasanya, para petuah sabung ayam akan melakukan proses kawin silang ayam burma ini dengan ayam laga jenis lainnya supaya bisa memperoleh ayam laga yang memiliki struktur tulang yang lebih kuat dan kokoh. Selain itu, kecepatan yang dimilikinya akan diwariskan pada anakannya yang tetap menjadi kekuatan utamanya dalam bertarung.

Sementara itu, ayam saigon yang berasal dari negara Vietnam ini merupakan seorang pemain lama yang sudah lama di dalam dunia sabung ayam yang sudah terkenal di seluruh dunia. Ayam saigon ini lain dari ayam burma, karena kekuatan utama dari ayam saigon ini terletak pada tulangannya yang kuat dan juga bentuk fisiknya yang begitu sempurna. Ayam saigon memilki ciri khas dari penampilan fisiknya yaitu dimana bagian kepalanya yang tidak ditumbuhi oleh bulu sampai bagian lehernya. Penampilan fisik ini memang bukan merupakan selera bagi semua orang, akan tetapi meskipun dengan penampilan begitu ayam saigon tetap terlihat kuat dan juga mengintimidasi.

Ayam saigon juga memiliki pukulan yang sangat baik. Sayangnya, ayam saigon ini terkenal sebagai salah satu ayam laga yang paling lambat dalam melakukan manuver jika dibandingkan ayam laga jenis lainnya. Menurut para petuah sabung ayam hal ini mungkin disebabkan oleh tulangannya yang begitu padat.

Dari semua informasi yang telah disampaikan ini bisa kita simpulkan, bahwa masing – masing ayam laga tersebut memiliki keunggulannya masing – masing. Akan tetapi, menurut para petuah sabung ayam, mengatakan bahwa hasil kawin silang dari ayam burma dengan ayam saigon merupakan salah satu kawin silang yang bisa menciptakan ayam laga yang sempurna dari segi fisik maupun teknik bertarungnya. Akan tetapi, semua itu tetap kembali pada selera masing – masing pemiliknya, dengan memiliki salah satu jenis ayam laga ini sama – sama bisa memberikan kesempatan untuk menguasai arena pertarungan sabung ayam.

Baca Ini : Cara Mengobati Ayam Tidak Turun Teli

Demikian akhir dari informasi yang bisa kami sampaikan mengenai ayam mana yang lebih hebat, ayam burma atau ayam saigon? Semoga dengan informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda dengan memperbanyak wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply