Memilih Ayam Laga Betina Yang Memiliki 8 Ciri Ini

Memilih Ayam Laga Betina Yang Memiliki 8 Ciri Ini

Memilih Ayam Laga Betina Yang Memiliki 8 Ciri Ini

Sabung Ayam – Untuk menjadi seorang peternak sabung ayam yang sukses pasti awalnya berasal dari keberhasilan dalam memilih ayam laga betina yang berkualitas tentunya. Indukan jantan maupun betina dari ayam tersebut haruslah Anda pilih yang berkualitas supaya bisa menghasilkan bibit – bibit yang berkualitas juga yang sama seperti kedua indukannya.

Akan tetapi, di dalam kesempatan yang satu ini kami akan menjelaskan mengenai memilih ayam laga betina yang memiliki 8 ciri yang bagus, yaitu sebagai berikut:

  1. Kepala

Kepala yang harus dimiliki oleh seekor ayam betina yang bagus adalah yang berbentu seperti kepala ular apabila Anda lihat dari arah depan. Kebanyakana ayam betina yang memiliki bentuk kepala seperti itu akan menghasilkan bibit – bibit yang berkualitas. Apalagi Anda mengkawinkannya dengan indukan jantan yang memiliki kepala seperti buah pinang, maka keturunannya pun akan sempurna.

  1. Mata

Biasanya ayam laga betina yang bisa menghasilkan dan merawat anaknya dengan baik adalah ayam betina yang memiliki bentuk mata yang masuk ke dalam atau sedikit cekung. Selain itu, pastinya mata yang dimilikinya itu harus bersih tanpa adanya bercak.

  1. Tubuh

Tubuh seekor ayam betina yang bagus adalah yang berbentuk seperti botol. Hal yang satu ini bisa Anda ketahui dengan cara memegangnya di bagian perut dan dadanya, apabila enak dipegang maka ayam tersebut adalah ayam yang bagus.

 

Memilih Ayam Laga Betina Yang Memiliki 8 Ciri Ini

 

 

  1. Kaki

Supaya Anda bisa mendapatkan keturunan yang bagus, maka pilihlah ayam betina yang memiliki ukuran jari kaki yang panjang dan bersisik kering.

  1. Tulang Capit

Ayam betina yang memiliki tulang capit yang sedikit lebar sekitar 3 atau 4 jari merupakan ayam betina yang berkualitas. Tulang capit ini tentu saja bisa Anda ketahui di bagian bawah pangkal ekornya.

  1. Bulu

Hal yang satu ini yang paling penting karena bulu merupakan pertanda apakah ayam tersebut sedang sehat atau tidak. Ayam yang memiliki bulu yang mengkilat merupakan ayam betina yang sehat. Ayam betina yang seperti inilah yang harus Anda pilih dan jadikan sebagai indukan yang bagus.

  1. Taji

Taji memang bukan merupakan hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih ayam betina yang bagus. Akan tetapi, akan lebih baik apabila Anda memilih ayam betina yang sudah memiliki taji.

  1. Keturunan

Hal yang terakhir ini merupakan hal yang sangat penting sekali dalam pemilihan ayam betina ini. Karena hal ini tentu saja bisa mempengaruhi keturunannya juga. Apabila ayam betina tersebut berasal dari garis keturunan ayam jawara maka ayam tersebut bagus untuk Anda jadikan sebagai indukan betina.

Baca Ini : 5 Ciri Yang Menandakan Ayam Laga Itu Berkualitas

Semoga dengan informasi mengenai memilih ayam laga betina yang memiliki 8 ciri ini bisa membantu Anda dalam memilih ayam betina yang bagus untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas dan menjadi seorang peternak sabung ayam yang sukses.

Leave a Reply