Ayam Bangkok Legenda Wido Katuranggan

Ayam bangkok wido yang termasuk salah satu jenis ayam bangkok suro yang melegenda. Bahkan menurut beberapa sumber dari kalangan penggemar sabung ayam menjelaskan bahwa ayam bangkok wido ini memiliki kekuatan mistik, kukuatan yang tidak terduga dan tidak terkalahkan dalam setiap pertarungannya.

Berdasarkan kitab betal jemur, sisilah ayam wido (jalak) ini berada diurutan terakhir dari sisilah katuranggan ayam aduan. Ayam wido ini banyak diburu dan diminati karena keunikan dan kelangkaannya. Ayam ini memang berbeda dengan ayam lainnya.

Dari ciri-ciri saja sudah terlihat seperti sesuatu yang sangat berharga. Berikut ini adalah penjelasan mengenai Ayam Bangkok Legenda Wido Katuranggan.

Ayam wido (jalak) memiliki keunikan pada bulunya yang berwarna putih kehijauan. Jenis warna tersendiri bagi seekor ayam aduan. Konon, ayam ini juga memiliki jalu cantel serta jengger yang tersusun tiga. Selain itu, masih ada beberapa ciri lain yang membuat ayam wido ini semakin berbeda dengan ayam laga jenis katuranggan lainnya.

 

Inilah Beberapa Ciri Lainnya :

 

  1. Mempunyai mata yang putih jernih atau kristal
  2. Memiliki paruh yang kokoh dan berwarna putih.
  3. Bentuk kaki yang bulat, putih dan kering.
  4. Ekor sulak mubal putih.
  5. Memiliki warna jalu atau taji putih kering.

 

Sebagai tambahan yang perlu diketahui, ayma wido (jalak) katuranggan ini terbagi atas beberapa jenis, antara lain yaitu :

 

– Wido / Jalak Cempaka

– Wido / Jalak Klobot

– Wido / Jalak Kemladingan

– Wido / Jalak Nanas

 

Demikianlah penjelasan mengenai Ayam Bangkok Legenda Wido Katuranggan. Ayam ini memang luar biasa, sehingga banyak yang memburunya. Namun, kemistisan ayam ini dipercaya karena ayam jenis wido ini sangat sulit untuk ditemukan. Konon kemunculannya pun secara tiba-tiba tanpa ada pemiliknya, seolah-olah ayam dari alam bebas. Semoga bermanfaat dan salam untuk semua para pecinta sabung ayam.

Leave a Reply