8 Jenis Teknik Bertarung Pada Ayam Laga

Di dalam dunia sabung ayam, tentu saja ada berbagai macam jenis teknik bertarung yang digunakan untuk mengalahkan lawannya. Ayam bangkok sebagai salah satu contoh jenis ayam laga yang paling digemari di kalangan para pecinta sabung ayam yang memiliki segudang teknik bertarung yang menarik untuk diulas.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas sebuah informasi mengenai 8 jenis teknik bertarung pada ayam laga yang bisa Anda simak berikut ini.

Di dalam dunia sabung ayam ini ada beberapa jenis teknik bertarung yang bisa Anda ajarkan kepada ayam laga kesayangan Anda. Akan tetapi, ada juga beberapa ayam laga yang sudah menguasai beberapa teknik bertarung karena ayam laga tersebut memang merupakan jenis ayam yang berdarah petarung murni. Berikut di bawah ini adalah 8 jenis teknik bertarung pada ayam laga, yakni sebagai berikut:

  1. Teknik Kontrol

Teknik bertarung yang satu ini adalah teknik bertarung yang paling dasar. Biasanya ayam laga yang hanya menguasai teknik bertarung ini tidak akan berusaha untuk mencari celah untuk melancarkan pukulannya. Tetapi ayam laga ini akan menjaga posisi kepalanya tetap di atas agar bisa dengan mudah untuk mematuk lawannya, baru kemudian akan menlancarkan pukulannya.

  1. Teknik Solah

Teknik solah adalah salah satu teknik bertarung yang paling agresif dan menguras tenaga dari teknik bertarung lainnya. Ayam laga yang bisa menguasai teknik bertarung yang satu ini tidak akan pernah berdiam ditempat, justru ayam laga ini akan menggunakan luasnya arena pertarungan sabung ayam sebagai keuntungannya. Jika kita menyaksikkan ayam laga yang memiliki teknik bertarung ini bertarung, Anda pasti akan terkagum – kagum, akan tetapi sampai sekarang tidak ada ayam laga yang bisa bertahan lebih dari dua atau tiga ronde dengan teknik bertarung ini.

  1. Teknik Pranggal

Teknik pranggal adalah teknik bertarung yang tidak mematuk lawan. Teknik bertarung yang satu ini memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan teknik bertarung yang lainnya, karena pukulan dari teknik bertarung ini bisa dilepaskan tanpa harus mundur (recoil) terlebih dahulu dan sangat efektif untuk melawan ayam laga dengan kaki yang panjang.

  1. Teknik Mular

Teknik bertarung yang satu ini adalah teknik bertarung yang menjaga jaraknya dengan lawan. Ayam laga ini tidak akan memaksakkan pukulannya dan memilih untuk mundur terlebih dahulu untuk menilai situasi disekitarnya. Biasanya ayam laga ini sering mengecoh lawannya dengan berpura – pura berlari lalu dengan tiba – tiba akan berbalik badan dan melancarkan pukulannya.

  1. Teknik Ngalung

Teknik ngalung adalah sebuah teknik bertarung yang menggunakan kekuatan leher pada ayam laga tersebut. Teknik bertarung ini akan membuat lawannya sulit untuk melancarkan pukulannya. Sedangkan leher lawan yang terkunci akan membuat lawannya tidak bisa menghindar dari pukulannya. Teknik ngalung ini sangat populer di kalangan para pecinta sabung ayam, akan tetapi teknik bertarung ini hanya akan cocok digunakan oleh ayam laga yang memiliki tulang leher yang rapat saja.

  1. Teknik Ngayap

Teknik bertarung yang satu ini juga cukup populer sekarang ini. Ayam laga yang bisa menguasai teknik bertarung ini akan menyusupkan kepalanya kedalam sayap lawannya, lalu keluar dari bawah dan kemudian akan langsung melancarkan pukulannya ke bagian kepala lawan. Teknik ngayap ini seringkali melukai bahu dan sayap lawannya karena dipaksa untuk merenggang.

  1. Teknik Dongkrak

Teknik bertarung yang satu ini sedikit berbeda dengan teknik ngayap, karena teknik ngayap ini dilakukan dengan cara menyusup ke bagian kolong atau diantara kedua kaki lawannya. Kemudian, ayam laga ini akan muncul di bagian ekor lawannya sehingga badan lawan akan terdongkrak atau terangkat. Lalu pada saat lawan sedang mencoba untuk menyeimbangkan badannya, maka ayam laga ini akan dengan cepat mendaratkan pukulan telak kepada lawannya tersebut sehingga bisa menyebabkan lawannya KO.

  1. Teknik Dobrak

Teknik bertarung yang satu ini termasuk salah satu teknik bertarung yang jarang kita temui. Ayam laga yang memiliki teknik dongkrak ini akan masuk diantara kedua kaki lawannya sambil mematuk paha lawannya tersebut dan memukul bagian bawah badannya. Pukulan ini sangat sulit untuk diantisipasi lawan dan biasanya lawan tidak akan bisa untuk membalas teknik bertarung yang satu ini.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai 8 jenis teknik bertarung pada ayam laga, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda serta bisa menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply